Evaluasi User Experience Pada Game Hearthstone Dengan Menggunakan Metode Game Experience Questionnaire

Akbar, Naufal Rizky (2018) Evaluasi User Experience Pada Game Hearthstone Dengan Menggunakan Metode Game Experience Questionnaire. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Hearthstone merupakan game dengan genre Collectible Cord Game yang cukup sukses, hal ini dibuktikan dengan pencapaiannya sebagai eSport bergenre Card Game yang dengan peminat yang cukup banyak. Namun sayangnya Hearthstone memiliki beberapa kekurangan, salah satu kesulitan adalah tingkat kesulitan bagi pemain baru. Lihatlah adanya masalah tersebut, maka perlu dilakukan sebuah evaluasi terhadap pengalaman pengguna pada game terkait. Saat ini, sudah banyak metode yang digunakan untuk menguji pengalaman pengguna dari sebuah perangkat lunak. Namun, cara itu tidak didesain secara khusus untuk mempelajari pengalaman pengguna dari sebuah game. Karena itu, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode yang dirancang khusus untuk permainan, yaitu Kuisioner Pengalaman Pertandingan. Berdasarkan hasil evaluasi, game Hearthstone memiliki nilai yang paling rendah pada aspek Immersion dan Returning to Reality dan bisa diperbaiki dengan cerita paruh bagian pada game kompetitornya yaitu Shadowverse.

English Abstract

Hearthstone is a game with the genre of Collectible Cord Game which is quite successful, this is evidenced by its achievement as an eSport genre Card Game with quite a lot of enthusiasts. But unfortunately Hearthstone has some disadvantages, one of the difficulties is the level of difficulty for new players. Look at the problem, it is necessary to evaluate an user experience in the related game. At present, there are many methods used to test the user experience of a software. However, this method is not specifically designed to study the user experience of a game. Therefore, the method used in this study is a method specifically designed for the game, namely the Match Experience Questionnaire. Based on the results of the evaluation, Hearthstone games have the lowest value on the Immersion and Returning to Reality aspects and can be corrected by the part-part story in its competitor game, Shadowverse.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/647/051808560
Uncontrolled Keywords: User Experience, Hearthstone, Game Experience Questionnaire, Collectible Card Game
Subjects: 700 The Arts > 794 Indoor games of skill > 794.8 Electronic games
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 18 Apr 2019 02:30
Last Modified: 21 Oct 2021 06:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161705
[thumbnail of Naufal Rizky Akbar.pdf]
Preview
Text
Naufal Rizky Akbar.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item