Penerapan Target Costing Dalam Upaya Efisiensi Biaya Pada Produk Keripik Belut Daun Singkong Berbasis Online Di Cv. Cita Mandiri Kota Batu

Irtiningtyas, Novita Candra (2018) Penerapan Target Costing Dalam Upaya Efisiensi Biaya Pada Produk Keripik Belut Daun Singkong Berbasis Online Di Cv. Cita Mandiri Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan industri makanan di wilayah Jawa Timur selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya, sehingga memicu adanya persaingan bisnis yang semakin ketat. Perusahaan dituntut untuk dapat memikirkan secara cermat terkait penetapan harga jual dari produk yang dihasilkannya sehingga dapat menarik minat beli konsumen. Berdasarkan hal tersebut, dibutuhkan suatu perencanaan dan perhitungan biaya yang tepat dalam memproduksi dan memasarkan suatu produk sehingga harga jual yang ditetapkan dapat sesuai dengan target laba yang diharapkan perusahaan. Metode target costing dapat diterapkan oleh perusahaan sebagai salah satu cara yang tepat untuk melakukan perhitungan biaya sehingga dapat mengoptimalisasikan laba yang diperoleh. Namun, dalam hal ini CV Cita Mandiri sebagai salah satu UKM di Kota Batu masih menggunakan metode standard costing untuk menghitung biaya produksi dan non produksi sehingga target laba yang diharapkan perusahaan belum tercapai. Adapun tujuan dari penelitian ini antara lain yaitu mendeskripsikan perbandingan dari sistem pemasaran berbasis offline dan online yang diterapkan di lokasi penelitian serta untuk menganalisis perbandingan dari hasil perhitungan biaya dan laba dengan penerapan metode standard costing dan target costing di lokasi penelitian. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan secara kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di CV Cita Mandiri yang berlokasi di Jalan Trunojoyo No. 9D RT 2 RW 9 Junrejo, Kota Batu dengan waktu pelaksanaan yakni Februari – April 2018. Responden yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah dua orang yang terdiri atas manajer umum dan asisten manajer perusahaan. Terdapat tiga teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan dua jenis teknik analisis data yaitu analisis deskriptif yang berfungsi untuk mendeskripsikan sistem pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan untuk memperkenalkan produknya kepada konsumen dengan berbasis offline dan online serta analisis kuantitatif yang terdiri atas metode standard costing sebagai metode perhitungan biaya yang selama ini digunakan oleh perusahaan dan metode target costing sebagai suatu alternatif perhitungan biaya untuk mencapai target laba yang diinginkan perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pemasaran offline dan online yang dilakukan perusahan memiliki perbandingan masing-masing sebesar 60% dan 40%. Pemasaran offline dilakukan dengan beberapa media pemasaran seperti banner dan brosur dengan didukung kegiatan kanvas yang dilakukan perusahaan. Pada pemasaran online perusahaan menggunakan media sosial seperti whatsapp, instagram, website dan facebook. Hasil perhitungan biaya dengan menggunakan metode standard costing menunjukkan bahwa perusahaan belum mampu mencapai target laba yang diinginkan yakni sebesar 30%, dan hanya mampu memperoleh laba iix sebesar 26% untuk produk yang dipasarkan secara offline dan 27% untuk produk yang dipasarkan secara online. Hal tersebut berbeda dengan hasil perhitungan biaya dengan metode target costing yang menunjukkan bahwa perusahaan mampu mencapai target laba sebesar 30% dengan melakukan analisis rekayasa nilai pada beberapa komponen biaya seperti biaya tenaga kerja, biaya overhead pabrik khususnya biaya kemasan dan biaya non produksi yakni biaya pemasaran. Hasil perbandingan dari kedua metode tersebut menunjukkan bahwa terdapat selisih biaya sebesar Rp 3.853.500 dimana metode target costing mampu menghasilkan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan metode standard costing.

English Abstract

The growth of the food industry in East Java always increases every year, thus triggering an increasingly tight business competition. The company needs to think carefully related to the determination of the selling price of the products that produced, so can attract the attention of the customer to buy the product. Based on this, it takes a planning and cost calculation that proper in produce and market the products so that the determination of the selling price can be in accordance with the expected profit target of the company. Target costing method can be applied by company as one of the right way to do cost calculation so as to optimize the profit. However, in this case CV Cita Mandiri as one of the UKM in Batu City still use the standard costing method to calculate production and non-production cost, so that the company’s expected profit target is not reached. The research objective is to describe the comparison between offline marketing and online marketing that applied in the research location and to analyze the comparison of the results of cost and profit calculation by the application of standard costing and target costing methods in the research location. The research approach were use quantitative approach. This research was done in CV Cita Mandiri located on Trunojoyo Street No. 9D RT 2 RW 9 Junrejo, Batu City, in February to April 2018. Respondent of this research is general manager and assistant manager of the company. There are three data collection techniques used, among others are interview, observation and documentation. The data analysis techniques used in this research is descriptive analysis used to describe marketing systems undertaken by the company to introduce its products to consumers with offline marketing and online marketing and quantitative analysis consisting of standard costing method as a method of cost calculation that has been used by the company and target costing methods as an alternative cost calculation to achieve the desired profit. The results of this study indicate that the offline and online marketing system conducted by the company has a comparison of each of 60% and 40%. Offline marketing is done with several marketing media such as banners and brochures with supported activities of the company's ie canvas. In online marketing, the company use social media like whatsapp, instagram, website and facebook. The result of cost calculation by using standard costing method indicates that the company has not been able to achieve the desired profit target of 30%, and only able to earn a profit of 26% for products that are marketed offline and 27% for products that are marketed online. This is different from the result of cost calculation by target costing method which shows that the company is able to achieve profit target of 30% by performing value engineering analysis on some cost component such as labor cost, factory overhead cost especially packaging cost and non production cost ie marketing cost. Result of the comparison of both methods iiixi show that there is a difference in cost of Rp 3.853.500 and the target costing method can produce lower cost compared to the standard costing method.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/369/051807613
Uncontrolled Keywords: Target Costing, Efisiensi Biaya, Produk, Keripik Belut, Daun Singkong
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.45 Production efficiency
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 03 Dec 2018 07:17
Last Modified: 19 Oct 2021 15:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161702
[thumbnail of NOVITA CANDRA IRTININGTYAS.pdf]
Preview
Text
NOVITA CANDRA IRTININGTYAS.pdf

Download (24MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item