Kumalasari, Reni Dewi (2018) Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) Terhadap Keputusan Wisatawan Berkunjung Di Café Sawah Desa Wisata Pujon Kidul. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pariwisata saat ini mulai mengalami perubahan tren, khususnya perubahan gaya atau pola berwisata para wisatawan yang cenderung bergeser ke arah wisata pedesaan. Hal ini ditandai dengan semakin berkembangnya desa wisata, seperti Desa Wisata Pujon Kidul, Kabupaten Malang yang cukup banyak menawarkan atraksi wisata, salah satunya yang baru dan populer dikalangan masyarakat saat ini adalah Café Sawah. Café Sawah memiliki potensi wisata yang mendukung untuk tujuan wisata pedesaan, karena letaknya yang berada dalam lingkup Desa Wisata Pujon Kidul dan menawarkan wisata alam persawahan yang menjadi ciri khas desa. Banyaknya destinasi wisata, khususnya di Malang menjadi tantangan bagi pengelola untuk secara tepat memasarkan dan memperkenalkan Café Sawah ke masyarakat umum. Upaya pemasaran dilakukan melalui media sosial instagram dengan menggunakan strategi Electronic Word of Mouth (eWOM) untuk menarik wisatawan berkunjung ke Café Sawah. Hal ini dilakukan agar informasi mengenai Café Sawah tersebar dengan luas dan cepat, sehingga dapat membantu dalam menentukan keputusan wisatawan untuk berkunjung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh eWOM terhadap keputusan wisatawan berkunjung di Café Sawah, Desa Wisata Pujon Kidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 65 responden yang merupakan pengunjung Café Sawah dengan teknik penarikan sampel dilakukan dengan non-probability sampling menggunakan metode accidental sampling. Penelitian ini menggunakan data primer dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan kuesioner, serta menggunakan data sekunder yang berasal dari Kantor Desa Pujon Kidul dan website Desa Wisata Pujon Kidul. Analisis data penelitian menggunakan metode Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) dengan pendekatan WarpPLS yang digunakan untuk mengetahui besar pengaruh eWOM terhadap keputusan berkunjung dan analisis deskriptif untuk mendeskripsikan hasil dari analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Concern for Others (CFO), Expressing Positive Feelings (EPF), Helping the Company (HC), dan Economic Incentives (ECI) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan berkunjung yang ditunjukkan dengan nilai koefisien jalur bernilai positif (0,213; 0,284; 0,391; dan 0,341) dan nilai p-value masing-masing bernilai ≤0,05. Hasil nilai R-squared yang dihasilkan dalam penelitian juga sebesar 0,670 yang termasuk dalam kriteria model kuat (≤0,70). Wisatawan Café Sawah terbantu dalam menentukan keputusan berkunjung karena memperoleh informasi baik mengenai lokasi, kualitas, tiket masuk, maupun memperoleh rekomendasi dari wisatawan lain melalui media sosial instagram. Informasi yang ada mengenai Café Sawah di instagram sebagian besar menggambarkan kesan positif atau pengalaman positif seorang pengunjung Café Sawah, sehingga hal ini mampuii ii memberikan kontribusi informasi positif kepada orang lain. Selain itu, banyaknya publikasi mengenai Café Sawah oleh wisatawan yang telah berkunjung akan membuat seseorang merasakan dan mengetahui keinginan orang lain agar Café Sawah lebih dikenal oleh banyak orang dan akan memicu kesadaran akan potensi wisata yang dimiliki oleh Café Sawah. Hal tersebut dapat mendorong untuk menentukan keputusan berkunjung ke Café Sawah. Oleh karena itu, hal ini menunjukkan bahwa eWOM mengenai Café Sawah yang tersebar melalui media sosial instagram berpengaruh terhadap keputusan wisatawan untuk berkunjung ke Café Sawah.
English Abstract
Tourism was begun to change trends, especially change of style or travel pattern of tourists that tends to shift on rural tourism. It was marked by the growing of tourism villages, such as Pujon Kidul tourism village, in Malang Regency which offers quite a lot of tourist attractions, and one of them which are new and popular is Café Sawah. Café Sawah has a potential tourist that support for rural tourism destination, because it’s location within the scope of Pujon Kidul tourism village and offers a nature tour of rice fields that characterizes of the village. The number of tourist destinations, especially in Malang, becomes a challenge for managers to precisely market and introduce of Café Sawah to the general public. Marketing efforts of Café Sawah was done through a social media instagram using Electronic Word of Mouth (eWOM) strategies for attract tourists to visit Café Sawah. That was done so the information about Café Sawah spread widely and quickly, so it can help determining visit decision of tourists. This study aims to analyze the effect of Electronic Word of Mouth (eWOM) towards visit decision of tourists in Café Sawah, Pujon Kidul tourism village. This study used a quantitative approach. Sample of this study was taken by non-probability sampling using accidental sampling method to collected 65 respondents who are tourists of Café Sawah and use social media instagram. Data was collected using primary data by observation, interview, and questionnaire techniques, and used secondary data from village office of Pujon Kidul and website of Pujon Kidul tourism village. Data of the study was analyzed using Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS) by WarpPLS approach that used to show the effect of eWOM towards visit decision and descriptive analysis to describe the result from data analysis. Result of the study showed that Concern for Others (CFO), Expressing Positive Feelings (EPF), Helping the Company (HC), and Economic Incentives (ECI) have a positive and significant effect towards visit decisions as indicated by the positive value of path coefficient (0,213; 0,284; 0,391; and 0,341) and p-value of each variable is ≤0,05. Result of R-squared that was generated on this study was also 0,670 which included on the strong model criterion (≤0,70). Tourists of Café Sawah helped to determining visit decision for obtaining good information about location, quality, admission, and get recommendations from other tourists through social media instagram. The existing information about Café Sawah on instagram mostly described the positive impression or positive experience a tourists of Café Sawah, so it is able to contribute positive information to others. In addition, many publications about Café Sawah by tourists who have been visited to Café Sawah will make someone feel and know the desire of others to Café Sawah more known by many people and will trigger awareness of tourist potential owned by Café Sawah. So, it can encourage determining the decision of visiting Café Sawah. It showed that eWOM about Café Sawah spread through on social media instagram influential towards decision of tourists to visit Café Sawah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FP/2018/290/051804890 |
Uncontrolled Keywords: | Electronic Word Of Mouth, Pariwisata, Wisatawan, Minat Berkunjung |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 01 Mar 2019 02:39 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 12:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161680 |
Preview |
Text
RENI DEWI KUMALASARI.pdf Download (27MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |