Engaruh Motif Pembelian Terhadap Niat Beli Produk Sayur Organik Di Cv. Kurnia Kitri Ayu Farm

Wibisono, Carina Dyah (2018) Engaruh Motif Pembelian Terhadap Niat Beli Produk Sayur Organik Di Cv. Kurnia Kitri Ayu Farm. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Awal mula berkembangnya pertanian organik di Indonesia dimulai pada awal tahun 1980-an. Berdasarkan data Statistik Pertanian Organik Indonesia (SPOI) luasan total pertanian organik pada tahun 2013 adalah 220.300 Ha, dimana pada tahun sebelumnya yaitu tahun 2012 hanya sebesar 212.696 Ha. Semakin bertambahnya luasan lahan pertanian organik dipengaruhi oleh gaya hidup sehat yang telah menjadi trend dalam kehidupan masyarakat selaku konsumen. Salah satu perilaku hidup sehat yang dilakukan oleh masyarakat yaitu dengan mengkonsumsi produk pertanian organik. Produk sayuran merupakan salah satu produk organik yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia. Tuntutan konsumen terhadap gaya hidup sehat tersebut juga telah mendorong produsen untuk merubah orientasi usaha mereka, dengan mempertimbangkan aspek ekologi selain aspek ekonomi. Salah satu perusahaan yang bergerak dalam pemenuhan sayuran organik di kota malang adalah CV. Kurnia Kitri Ayu Farm (KKAF). Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menganalisis motif konsumen dalam mengkonsumsi sayur organik di CV. Kurnia Kitri Ayu Farm, (2) menganalisis pengaruh kesadaran konsumen terhadap kesehatan, lingkungan, dan keterlibatan konsumen terhadap niat beli sayur organik, (3) Merumuskan strategi yang tepat untuk meningkatkan minat beli melalui motif pembelian sayur organik. Berdasarkan hasil uji hipotesis didapatkan bahwa terdapat pengaruh langsung positif dan signifikan antara variabel kesadaran kesehatan terhadap niat beli dan variabel kesadaran lingkungan terhadap niat beli. Selain itu terdapat pengaruh tidak langsung melalui variabel mediasi keterlibatan konsumen, yakni pada variabel keterlibatan konsumen terhadap niat beli. Sedangkan variabel kesadaran kesehatan terhadap niat beli tidak dimediasi oleh variabel keterlibatan konsumen. Berdasarkan nilai dan pengaruh tersebut, dapat disrumuskan strategi pemasaran yang diharapkan dapat meningkatkan niat beli produk sayur organik. Berikut merupakan strategi yang dirumuskan: a. Membuat slogan yang dapat mengajak konsumen untuk membeli produk sayuran organik dengan ikut serta menjaga kelestarian lingkungan seperti “Dengan Membeli Produk Sayur Organik Anda Telah Ikut Serta Dalam Melestarikan Lingkungan”. b. Mengubah kemasan menjadi lebih variatif dengan menggunakan kemasan non plastik dan ramah lingkungan serta menambah informasi label pada kemasan yang menyatakan produk ramah lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai pengaruh motif pembelian terhadap niat beli sayur organik di CV. Kurnia Kitri Ayu Farm, dapat disimpulkan bahwa motif kesehatan merupakan motif dominan yang dipilih oleh responden dalam mengkonsumsi sayuran organik dengan presentase jawaban sebesar 42.66%. Terdapat pengaruh langsung dan tidak langsung, yakni pengaruh langsung terdapat pada variabel Kesadaran Kesehatan (KK) terhadap Niat Beli (NB) dan variabel Kesadaran Lingkungan (KL) terhadap Niat Beli (NB).Pengaruh tidak langsung melalui variabel mediasi Keterlibatan Konsumen (KET) hanya dihasilkan oleh variabel Kesadaran Lingkungan (KL) terhadap Niat Beli (NB). Strategi yang bisa digunakan untuk meningkatkan niat beli produk sayur organik lebih difokuskan melalui upaya kesadaran lingkungan, yaitu dengan melakukan membuat slogan mengenai kelestarian lingkungan pada kemasan sayur organik dan mengubah kemasan sayur organik dengan kemasan ramah lingkungan.

English Abstract

The beginning of the development of organic agriculture in Indonesia began in the early 1980s. Based on data from Statistik Pertanian Organik Indonesia (SPOI) the total organic farming area in 2013 is 220,300 Ha, which in the previous year is only 212,696 Ha in 2012. Increasing the extent of organic agricultural land is influenced by healthy lifestyle that has become a trend in our life as consumers. One of the healthy living behaviors doing by consuming organic vegetable products. Vegetable products is one of the organic products that are in great demand by the people of Indonesia. Dangour et al (2009) states that organic vegetables have a higher nutrient than conventionally vegetables. healthy lifestyles have also encouraged producers to change their business orientation, by considering ecological aspects not always economic aspects. One of the companies of organic vegetables in the city of Malang is CV. Kurnia Kitri Ayu Farm (KKAF). The purpose of this study are: (1) Analyze consumer motives of consuming organic vegetables in CV. Kurnia Kitri Ayu Farm, (2) analyze the influence of consumer awareness on health, environment, and consumer involvement to purchase intention of organic vegetable product, (3) Formulate the right strategy to increase purchase intention organic vegetable by motives Based on hypothesis test results, there are direct influence between health awareness variables to purchase intentions and ecological awareness to to purchase intention. Beside that, ecological awareness to purchase intention also have indirect influence with mediation variabel Involvement. And for Health awareness variabel have’nt indirect influence to purchase intention by mediation variable involvement. We can make a strategy to increase the purchase intention by ecological awereness. The formulate strategy are: a. Create a slogan that can invite consumers to buy organic vegetable products by participating in maintaining environmental sustainability such as "By Buying Organic Vegetable Products You Have Participated In Preserving the Environment". b. Changing packaging becomes more varied by using non-plastic and environmentally friendly packaging and adding label information to packaging that says environmentally friendly products. Based on the results of research we can concluded that the health motive is the dominant motive in consuming organic vegetables with 42.66% answer. The direct influence showed by Health awareness variable (KK) to purchase intention (NB) and environmental awareness (KL) to purchase intention (NB). And for indirect influence just showed by Encironmental awareness (KL) to PurchaseIntention (NB) by mediation variable Involvement (KET). The strategies to increase purchase intention of organic vegetable product formulated by environmental awareness effort, such as create a slogan about environmental sustainability on organic vegetable packaging and change the packaging of organic vegetables with environmentally friendly packaging

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/308/051804908
Uncontrolled Keywords: Motif Pembelian, Niat Beli, Produk Sayur Organik, Perilaku Konsumen
Subjects: 300 Social sciences > 381 Commerce (Trade) > 381.4 Specific products and services > 381.41 Product of agriculture
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 15 Apr 2019 01:44
Last Modified: 19 Oct 2021 13:17
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161610
[thumbnail of CARINA DYAH WIBISONO.pdf]
Preview
Text
CARINA DYAH WIBISONO.pdf

Download (23MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item