Analisis Kinerja Unit Usaha Pasar Desa Pada Badan Usaha Milik Desa (Bum Desa) Podho Joyo Desa Sukorejo Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik

Saputri, Egita (2017) Analisis Kinerja Unit Usaha Pasar Desa Pada Badan Usaha Milik Desa (Bum Desa) Podho Joyo Desa Sukorejo Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Podho Joyo adalah salah satu BUM Desa yangada di Kabupaten Gresik. BUM Desa Podho Joyo merupakan lembaga usaha yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah Desa Sukorejo. BUM Desa Podho Joyo memiliki lima unit usaha yang sudah berjalan dan mampu memfasilitasi masyarakat Desa Sukorejo dalam meningkatkan perekonomian desa. Unit usaha pasar desa merupakan salah satu unit usaha yang ada di BUM Desa Podho Joyo. Unit usaha pasar desa berlokasi sangat strategis tepat di sebelah kantor BUM Desa Podho Joyo. Unit usaha pasar desa mulai dikelola oleh BUM Desa Podho Joyo pada Maret 2016 dan merupakan hibah dari pemerintah desa. Terdapat beberapa permasalahan pada unit usaha ini seperti fasilitas serta sarana prasarana yang masih belum lengkap, dan sejak dikelola oleh BUM Desa Podho Joyo unit usaha pasar desa belum mampu memberikan sumbangan PADesa pada tahun pertama. Namun demikian unit usaha pasar desa berkembang cukup pesat, memberikan kepuasan terhadap pedagang, dan meraih prestasi sebagai Harapan 1 dalam lomba pasar desa tingkat kabupaten Gresik 2016. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis kinerja unit usaha pasar desa BUM Desa Podho Joyo dengan menggunakan pendekatan Balanced Scorecard dan melihat bagaimana kontribusi unit ini ke PADesa setiap periodenya. Penelitian ini dilakukan di BUM Desa Podho Joyo Desa Sukorejo Kecamatan Sidayu Kabupaten Gresik, Provinsi Jawa Timur. Responden dalam penelitian ini adalah Ketua BUM Desa Podho Joyo, Kepala Desa, serta anggota unit usaha pasar desa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan Balanced Scorecard yang meliputi keempat perspektifnya yaitu perspektif finansial, perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Hasil dari analisis kinerja unit usaha pasar desa BUM Desa Podho Joyo dengan menggunakan balanced scorecard secara keseluruhan dinilai baik.ii Perspektif finansial dengan indikatornya NPGR (Net Provit Groeth Ratio)/Ratio pertumbuhan didapatkan hasil yang buruk. Peningkatan penerimaan setiap periode tidak sebanding dengan besarnya biaya yang dikeluarkan untuk keperluan pasar desa sehingga hasilnya tetap menurun. Pada perspektif pelanggan secara umum dinilai “Baik”. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian indikator perspektif pelanggan diantaranya kepuasan pelanggan dengan total skor 2.473 dan berada pada skala yang digolongkan baik, begitu juga dengan reputasi pelanggan dengan total skor 2.053 berada pada skala yang digolongkan baik. Hasil dari penilaian perspektif yang ke tiga yaitu perspektif proses bisnis internal terdapat dua indikator yaitu layanan purna jual dan inovasi dimana keduanya dinilai “baik” karena terjadi peningkatan layanan purna jual dan inovasi yang diberikan pada setiap periodenya. Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran yang menjadi sasaran adalah peningkatan kapabilitas pengurus unit usaha pasar desa. Indikator yang digunakan adalah produktifitas pengurus dan dinilai baik karena mengalami peningkatan pada setiap periode. Hasil dari pengukuran kinerja unit usaha pasar desa memperoleh rata-rata skor 0,67 sehingga dapat dikatakan bahwa penilaian kinerja unit usaha pasar desa BUM Desa Podho Joyo bila diukur dengan menggunakan pendekatan balanced scorecard berada pada kategori “Baik”. Berdasarkan hasil waancara dengan key informan yakni ketua BUM Desa Podho Joyo serta Kepala Desa Sukorejo diketahui bahwa unit usaha pasar desa memang belum mampu memberikan sumbangan ke PADesa Pada 3 periode pertama ini, hal ini karena yang diprioritaskan terlebih dahulu adalah pengembangan unit usaha pasar desa sehingga tidak hanya mampu memenuhi kebutuhan masyarakat desa Sukorejo tetapi diharapkan mampu menjadi pasar virtual pada tahun 2017

English Abstract

Village Owned Enterprise (BUM Desa) Podho Joyo is one of BUM Desa in Gresik Regency. BUM Desa Podho Joyo is a business entity run by the community and the government of Sukorejo Village. BUM Desa Podho Joyo has five business units that have been running and able to facilitate the people of Sukorejo Village in improving the village economy. Village market business unit is one of the business units in BUM Desa Podho Joyo. The village market business unit is strategically located right next to the BUM office of Podho Joyo Village. The village market business unit was started by BUM Desa Podho Joyo in March 2016 and is a grant from the village government. There are several problems in this business unit such as facilities and infrastructure facilities that are still incomplete, and since managed by BUM Desa Podho Joyo village market business unit has not been able to give PADesa contribution in the first year. Nevertheless the village market business unit is growing rapidly, giving satisfaction to traders, and achieving as Hope 1 in the village market competition at Gresik district level 2016. This research was conducted with the aim to analyze the performance of business unit of village market of BUM Desa Podho Joyo by using Balanced Scorecard approach and see how the contribution of this unit to PADesa every period. This research was conducted at BUM Desa Podho Joyo Sukorejo Village Sidayu District Gresik Regency, East Java Province. Respondents in this study were Chairman of BUM Desa Podho Joyo, Village Head, and member of village market business unit. This research uses quantitative method. Data analysis technique used is by using Balanced Scorecard which includes four perspectives that are financial perspective, customer perspective, internal business perspective, and learning and growth perspective. The result of the analysis of the performance of Budi Desa Village business unit of Podho Joyo using balanced scorecard as a whole is considered good. Financial perspective with the indicator NPGR (Net Provit Growth Ratio) / Ratioiv growth got “poor” results. Increased revenues for each period are not proportional to the amount of costs incurred for the village market so that the results continue to decline. On the customer's perspective is generally considered "Good". This can be seen from the results of the assessment of customer perspective indicators such as customer satisfaction with a total score of 2,473 and are on a scale that is classified as well, as well as the reputation of customers with a total score of 2,053 are on a scale that is classified as good. The result of the third perspective assessment is the internal business process perspective, there are two indicators, namely after sales service and innovation where both are considered "good" because there is an increase of aftersales service and innovation given in each period. The targeted growth and learning perspective is the enhancement of the capability of the rural market unit business unit. Indicator used is the productivity of the board and considered good because it has an increase in each period. The result of the measurement of the performance of the village market business unit obtained an average score of 0.67 so it can be said that the assessment of the performance of the BUM Desa Village market business unit of Podho Joyo Village when measured using the balanced scorecard approach is in the "Good" category. Based on the results of interviews with key informants namely the chairman of BUM Desa Podho Joyo and Village Head Sukorejo known that the village market business unit is not yet able to contribute to PADesa In the first 3 periods, this is because the priority first is the development of village market business units so as not only able to meet the needs of the community Sukorejo village but is expected to be a virtual market in 2017.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/399/051807643
Uncontrolled Keywords: Unit Usaha Pasar Desa
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.83 Market research
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 20 Mar 2019 04:37
Last Modified: 19 Oct 2021 16:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161593
[thumbnail of EGITA SAPUTRI.pdf]
Preview
Text
EGITA SAPUTRI.pdf

Download (23MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item