Penerapan Target Costing Dalam Upaya Peningkatan Laba Pada Produk Keripik Kentang Di Ud. Rimbaku Kota Batu

Pratama, Ivan Bayu (2018) Penerapan Target Costing Dalam Upaya Peningkatan Laba Pada Produk Keripik Kentang Di Ud. Rimbaku Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri pengolahan semakin meningkat pada setiap tahun. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya aktifitas usaha, terutama dalam hal industri pengolahan. Perlu adanya perencanaan biaya agar harga jual dari produk yang dihasilkan perusahaan dapat bersaing di dalam pasar dan target laba yang diinginkan oleh perusahaan juga dapat tercapai. Sebagian besar perusahaan menggunakan biaya standar dalam merencanakan biaya yang digunakan dalam kegiatan produksinya. Penggunaan biaya standar yang biasa digunakan oleh perusahaan belum dapat memenuhi target laba yang diinginkan perusahaan. Salah satu perusahaan yang masih belum mencapai target laba yang diinginkan dan masih menggunakan metode biaya standar adalah UD Rimbaku. Banyaknya perusahaan yang mengolah produk sejenis dengan yang dihasilkan oleh UD Rimbaku yakni keripik kentang menyebabkan perusahaan tidak dapat menentukan harga jual sesuai keinginan dari perusahaan sendiri. Semakin meningkatnya harga bahan baku kentang yang digunakan dalam produksi keripik kentang mengakibatkan laba yang didapatkan oleh perusahaan juga semakin menurun. Perusahaan tidak dapat meningkatkan harga jual keripik kentang meskipun harga bahan baku dalam pembuatan keripik kentang meningkat. Adapun tujuan dari penelitian ini antara lain yaitu (1) menganalisis biaya produksi dan laba yang diperoleh UD Rimbaku dengan menggunakan metode Biaya Standar, (2) menganalisis biaya produksi dan laba yang diperoleh UD Rimbaku dengan menggunakan metode Target costing, (3) Menganalisis perbandingan biaya produksi dan laba yang diperoleh UD Rimbaku dari perhitungan dengan metode biaya standar dan metode target costing. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan secara kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada UD Rimbaku yang terletak di Jl. Minsuarso No. 47, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur. Adapun waktu penelitian dilakukan pada bulan Februari sampai dengan april 2018. Responden yang dipilih pada penelitian ini ialah pemilik perusahaan sebagai informant yang memiliki pengetahuan paling luas terkait kegiatan produksi pemilik perusahaan. Pada penelitian ini terdapat empat metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode yang digunakan untuk menganalisis data terdiri atas metode biaya standar, metode target costing dan analisis komparatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada perhitungan biaya menggunakan metode standard costing, biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk kemasan 80gr pada tahun 2016 adalah sebesar Rp. 9.977 dan Rp 13.744 untuk kemasan 130gr. Pada tahun 2017 biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk kemasan 80gr adalah sebesar Rp. 10.413,00 dan untuk kemasan 130gr adalah sebesar Rp 14.386,00. Hal tersebut berbeda dengan hasl perhitungan biaya dengan menggunakan target costing yang dapat menekan biaya perkemasan untuk kemasan 80gr dan 130gr pada tahun 2016 dan 2017 menjadi sebesar Rp. 9.600 dan Rp. 13.600 Margin laba yang diinginkan perusahaan sebesar 20% dapat tercapai dengan penerapan metode target costing karena adanya tahap rekayasa nilai yang membantu perusahaan untuk menekan komponen biaya yang dirasa masih belum iefisien. Tahap rekayasa nilai pada penelitian ini dapat dilakukan pada beberapa komponen biaya seperti biaya tenaga kerja langsung, biaya kemasan, biaya tenaga kerja bagian toko, penghapusan biaya pameran, penghapusan biaya kerjasama dengan jasa travel, dan mulai mengembangkan pemasaran berbasis online untuk lebih memperkenalkan produk keripik kentang kepada masyarakat luas

English Abstract

Manufacture industry is growing year by year. It can be seen by a lot of business activity, especially food and beverage industry. Because of that, it’s important to maintain the cost so that selling price of product could be compete and profit target could be achieved. A lot of firms still use standard cost method to maintain production cost. Standard cost method can’t fulfill profit target. One of firms which can’t achieve target profit and using standard cost method is Rimbaku Village Cooperatives (UD. Rimbaku). Another firms produce the same product like what Rimbaku Village Cooperatives produce. Because of that, it’s difficult to decide selling price. Rimbaku just can be a price taker. The increasing of material cost can cause decreasing profit and that firm can’t increase selling price while material cost is high. The purposes of this research are (1) analyse production cost and profits by standard cost method, (2) analyse production cost and profits by target costing method, and (3) compare both of those method. The research approach were use quantitative approach. This research was done in UD Rimbaku located on Jl. Minsuarso No. 47, Sisir, Batu Sub-district, Batu City, East Java, in February to April 2018. Informan of this study is the owner of Rimbaku Village Cooperatives who has a lot of information about production until financial.. There are four method to collect data. There are interview, observation and documentation. Analysis method are standard cost, target costing, and descriptive-comparative. Results of research indicated that calculation of cost using standard costing method, the cost incurred for packaging about 80 grams in 2016 is Rp 9.977,- and 130 grams about Rp 13.744,-. In 2017, the cost incurred by the firm for 80 grams packaging is Rp 10.413,- and for 130 grams pack is Rp 14.386,-. This is different from cost calculation using target costing which can depress packaging cost for 80 grams and 130 grams in 2016 and 2017 to be Rp 9.600,- and Rp 13.600,-. The profit margin of 20 percents can be achieved by implementation of target costing method because the existence of value engineering which help firm to suppress the cost components that are considered inefficient. The value engineering in this research can be done on some cost components such as direct labor cost, packaging cost, shop part labor cost, elimination of exhibition cost and travel services, and start to develope online base marketing to introduce potato chips product to wide community.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/365/051807609
Uncontrolled Keywords: Target Costing, Laba, Produk Keripik Kentang
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.45 Production efficiency
Divisions: Fakultas Pertanian > Agribisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 03 Dec 2018 07:14
Last Modified: 19 Oct 2021 15:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161592
[thumbnail of IVAN BAYU PRATAMA.pdf]
Preview
Text
IVAN BAYU PRATAMA.pdf

Download (25MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item