Pengaruh Konten Post Pada Media Sosial Instagram Terhadap Citra Merek Harvest Queen Hydroponic

Dimayanti, Aindha (2018) Pengaruh Konten Post Pada Media Sosial Instagram Terhadap Citra Merek Harvest Queen Hydroponic. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi dan pertumbuhan pengguna internet di Indonesia tentu juga berimbas pada dunia pemasaran yaitu mulai bergeser dari yang semula traditional marketing (offline) menjadi digital marketing (online). Digital marketing merupakan strategi pemasaran modern yang dapat digunakan oleh pemasar untuk membangun citra merek (branding). Salah satu perusahaan yang aktif melakukan branding adalah Harvest Queen Hydroponic. Harvest Queen Hydroponic merupakan salah satu perusahaan bisnis pertanian di Kota Batu, Jawa Timur yang menerapkan teknik budidaya hidroponik dan memasarkan produknya menggunakan media sosial Instagram. Harvest Queen Hydroponic memiliki kendala dalam memasarkan produknya yaitu belum banyak dikenal masyarakat luas serta bagaimana meyakinkan konsumen untuk memilih sayuran dan buah hidroponiknya sebagai pilihan utama dibandingkan dengan produk lain yang sejenis. Oleh karena itu Harvest Queen Hydroponic memerlukan stimuli pemasaran untuk meningkatkan citra merek yang positif agar dapat memenangkan persaingan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh tipe konten, konsistensi konten, keterbaruan konten, dan kejelasan konten terhadap citra merek Harvest Queen Hydroponic dimediasi aktivitas mental konsumen. Penelitian ini dilakukan pada bulan April – Mei 2018. Populasi dalam penelitian ini yaitu followers akun instagram @Harvest_Queen saat ini yang berjumlah 1660 akun. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik pengambilan sampel nonprobability sampling menggunakan purposive sampling. Perhitungan ukuran sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin dengan taraf signifikansi 10% dan diperoleh 94 sampel. Data dianalisis menggunakan metode statistik deskriptif dan SEM-PLS dengan software WarpPLS versi 5.0. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pada evaluasi pengukuran model yang meliputi indicator reability, internal consistency reability, convergent validity, dan discriminant validity semua nilai telah memenuhi Rule of Thumb. Kemudian, hasil evaluasi model struktural menunjukkan bahwa nilai Adj.RSquare model dalam penelitian ini terletak antara 0.46-0.7 yang berarti pengaruh dalam model tersebut termasuk kuat. Nilai Q2 sebesar 0.515 dan 0.622>0 menunjukkan model mempunyai predictive relevance. Nilai effect size rata-rata memiliki pengaruh lemah dan menengah. Tipe konten dan keterbaruan konten tidak berpengaruh langsung terhadap citra merek yang dibuktikan pada uji efek mediasi dimana ada peran variabel aktivitas mental sebagai pemediasi sempurna antara tipe konten dan keterebaruan konten dengan citra merek. Pengaruh variabel kejelasan konten terhadap variabel citra merek memiliki efek mediasi parsial. Sedangkan, konsistensi konten tidak berpengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap citra merek. Variabel kejelasan konten memiliki pengaruh yang paling besar yaitu sebesar 0.211. Rekomendasi untuk pihak Harvest Queen yaitu sebaiknya akun @harvest_queen mengunggah post berupa video untuk meningkatkan kejelasan kontennya, karena selama ini post hanya bentuk foto.

English Abstract

The development of technology and the growth of internet users rapidly in Indonesia would also impact on the marketing aspect that is shifting from the original traditional marketing (offline) to digital marketing (online). Digital marketing is a modern marketing strategy that can be used by marketers to build brand image (branding). One of the companies that actively branding is Harvest Queen Hydroponic. Harvest Queen Hydroponic is one of the agricultural business enterprises in Kota Batu, East Java that apply hydroponic cultivation techniques and market their products using social media Instagram. Harvest Queen Hydroponic has obstacles in marketing its products that are not widely known by the public and how to convince consumers to choose vegetables and hydroponic fruit as the main choice compared with other similar products. Therefore Harvest Queen Hydroponic requires marketing stimuli to enhance a positive brand image in order to win the competition. This study aims to describe and analyze the influence of content type, content consistency, content novelty and content vividness toword the brand image of Harvest Queen Hydroponic mediated consumer's mental activity. The study was conducted from April to May 2018. Population in this research is followers of account of Instagram @Harvest_Queen at this time which amounted to 1660 account. The sample in this research is determined by sampling technique of non-probability sampling using purposive sampling. Calculation of sample size in this study using slovin formula with significance level of 10% and obtained 94 samples. Data were analyzed using descriptive statistic and SEM-PLS method with WarpPLS version 5.0 software. The results of this study can be seen that in the evaluation of model measurements that include indicator reability, internal consistency reability, convergent validity, and discriminant validity all tilapas have met the Rule of Thumb. Then, the result of evaluation of the structural model shows that the value of Adj.R-Square model in this research lies between 0.46-0.7 which means influence in the model including strong. The value of Q2 of 0.515 and 0.622> 0 indicates the model has predictive relevance. The average effect size has a weak and intermediate effect. The content type and content novelty variables do not directly affect the brand image as evidenced by the mediation effect test where there is a variable role of mental activity as a perfect mediator between content type and content novelty with brand image. The effect of content vividness variables on brand image variables has a partial mediation effect. Whereas, the content consistency has no direct or indirect effect on the brand image. Variable content vividness has the biggest influence that is equal to 0.211. Recommendation for Harvest Queen that is better account @harvest_queen upload post in the form of video to improve the clarity of its contents, because during this post only form of photo.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/393/051807637
Uncontrolled Keywords: Pemasaran, Instagram, Media Sosial, Harvest Queen Hydroponic
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing > 658.872 Telemarketing and direct marketing
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 29 Nov 2018 06:53
Last Modified: 19 Oct 2021 16:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161483
[thumbnail of AINDHA DIMAYANTI.pdf]
Preview
Text
AINDHA DIMAYANTI.pdf

Download (22MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item