Evaluasi Proses Bisnis Manajemen Inventori Menggunakan Metode Quality Evaluation Framework (QEF) Pada Bidang Inventori PT. PJB UBJOM PLTU Paiton

Rahmatika, Azri Putri (2018) Evaluasi Proses Bisnis Manajemen Inventori Menggunakan Metode Quality Evaluation Framework (QEF) Pada Bidang Inventori PT. PJB UBJOM PLTU Paiton. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bidang logistik pada PT. PJB UBJOM PLTU Paiton membawahi tiga bidang lainnya yaitu bidang inventori, pengadaan dan gudang. Pada bidang inventori ditemukan adanya permasalahan mengenai tidak tercapainya target perusahaan pada tiga area proses bisnis dari empat area yang dimiliki bidang inventori. Berdasarkan data self assessment triwulan ketiga 2017, ketiga area yang belum memenuhi target adalah, pembuatan katalog, pembuatan request order dan pembuatan kebijakan implementasi. Dari permasalahan tersebut perlu dilakukannya evaluasi pengukuran terhadap permasalahan yang terjadi pada perusahaan, guna mengetahui faktorfaktor penyebab dari tidak terpenuhinya ketiga target pada area bidang inventori. Metode Quality Evaluation Framework (QEF) digunakan karena metode ini dapat menemukan kesenjangan yang terjadi antara target dengan hasil kalkulasi. Pada tahap evaluasi menggunakan QEF proses bisnis yang telah dimodelkan menggunakan Bussiness Process Model Notation (BPMN) akan memberikan hasil pemetaan terhadap quality factor dari masing-masing proses bisnis. Setelah didapatkan factor kualitas yang tidak sesuai antara target dan hasil kalkulasi dari hasil perhitungan, selanjutnya dilakukan analisis pencarian akar permasalahan menggunakan Fault Tree Analysis (FTA). Analisis menggunakan FTA ini akan dapat membantu perusahan untuk menemukan akar permasalahan apa yang ditemukan dari masalah yang didapatkan berdasarkan hasil evaluasi. Keuntungan dengan menggunakan FTA adalah dapat mengidentifikasikan hubungan antar penyebab masalah yang ditemukan. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah ditemukannya 4 faktor hasil evaluasi dengan metode QEF yang tidak sesuai dengan target berdasarkan hasil kalkulasi. Keempat faktor tersebut adalah Ketidaksesuaian perhitungan ROP/ROQ, Ketepatan waktu proses persetujuan manajemen (proses bisnis pembuatan request order), ketepatan waktu proses pengendalian request order dan ketepatan waktu proses proses persetujuan manajemen (proses bisnis pembuatan kebijakan). Serta ditemukannya 12 akar permasalahan dari hasil analisis berdasarkan keempat faktor hasil evaluasi.

English Abstract

Logistics field at PT. PJB UBJOM Paiton Power Plant oversees three other areas of the field of inventory, procurement, and warehouse. In the inventory field, there is a problem of not achieving the company's target in three business process areas from four areas owned by the inventory field. Based on self-assessment data for the third quarter of 2017, the three areas that have not met the target are cataloging, request order making and implementation policymaking. From these problems, it is necessary to evaluate the measurement of the problems that occur in the company, in order to determine the factors that cause the unfulfillability of the three targets in the area of inventory. The Quality Evaluation Framework (QEF) method is used because it can find the gap between the target and the result of the calculation. In the evaluation phase using QEF business processes that have been modeled using Bussiness Process Model Notation (BPMN) will provide mapping results on the quality factors of each business process. After obtaining an unsuitable quality factor between target and calculation result from the result of calculation, then conducted root problem analysis using Fault Tree Analysis (FTA). Analysis using this FTA will help the company to find the root cause of what is found from the problems obtained based on the evaluation results. The advantage of using an FTA is to identify the relationship between the cause of the problem found. The result of this research is finding 4 factors of evaluation result with QEF method which is not in accordance with target based on the calculation result. The four factors are Inconsistent ROP / ROQ calculation, Timeliness of management approval process (a business process of making request order), timeliness of demand order process control and timeliness of management approval process (a business process of policymaking). And the discovery of 12 root problems from the analysis based on the four factors of the evaluation results.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FTIK/2018/411/051807571
Uncontrolled Keywords: proses bisnis, business process model and notation (BPMN), quality evaluation framework (QEF), quality factor, fault tree analysis (FTA) business process, business process model and notation (BPMN), quality evaluation framework (QEF), quality factor, fault tree analysis (FTA)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.04 Management of enterprises of specific forms > 658.045 Corporations
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Apr 2019 01:47
Last Modified: 18 Oct 2021 06:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161463
[thumbnail of Azri Putri Rahmatika.pdf]
Preview
Text
Azri Putri Rahmatika.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item