Efektivitas Strategi Promosi Kampung Ekologi Kelurahan Temas Kota Batu

Salsabila, Afifah (2018) Efektivitas Strategi Promosi Kampung Ekologi Kelurahan Temas Kota Batu. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Keberadaan desa wisata di Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. Masyarakat pedesaan membangun dan mengelola pariwisata dengan menggali potensi yang dimiliki dan juga potensi yang dimiliki desanya. Upaya pengelola desa dalam mengenalkan adanya wisata di lingkungannya yaitu dengan cara melakukan promosi. Strategi promosi yang dilakukan oleh setiap desa wisata tentu berbeda, disesuaikan dengan kebutuhan desa wisatanya. Kampung Ekologi merupakan salah satu kampung yang disebut sebagai desa wisata. Kampung Ekologi belum memiliki strategi promosi yang efektif karena masih dalam tahap pengembangan untuk mencari formulasi yang tepat, sehingga pengelola belum dapat memfokuskan dan memaksimalkan promosi yang telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas promosi dari strategi yang dilakukan oleh Kampung Ekologi Batu Penelitian ini dilakukan di Kampung Ekologi Batu, pada bulan Februari 2018 hingga Maret 2018. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kegiatan wawancara dengan panduan kuisioner kepada responden. Data tersebut dianalisis dengan metode EPIC model menggunakan Microsoft Excel 2013 dan SEMPLS menggunakan aplikasi WarpPLS 5.0. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat tiga strategi promosi yang telah dilakukan di Kampung Ekologi Batu yaitu personal selling, leaflet dan media sosial. Diantara ketiga strategi promosi tersebut, media sosial memiliki nilai efektivitas tertinggi kemudian personal selling dan yang terakhir adalah leaflet. Kemudian empat dimensi pada EPIC model memiliki pengaruh terhadap efektivitas promosi. Empat dimensi tersebut yakni emphaty, persuasion, impact dan communication memberikan pengaruh yang berbeda terhadap efektivitas promosi. Variabel communication memiliki pengaruh yang paling besar, hal ini dapat diartikan bahwa rata-rata informasi yang tertera pada media promosi memenuhi informasi yang dibutuhkan oleh konsumen sehingga konsumen memahami pesan iklan yang disampaikan. Variabel emphaty memiliki pengaruh yang rendah, hal ini disebabkan karena kegiatan promosi yang dilakukan belum baik dan design promosi yang kurang bagus, sehingga ketertarikan konsumen pada saat pertama kali melihat promosi Kampung Ekologi Batu belum begitu tinggi

English Abstract

The existence of tourist villages in Indonesia is experiencing a very rapid development. Rural communities build and manage tourism by exploring the potential of their selves and also the potential of the village. Efforts of village managers in introducing the existence of tourism in the environment that is by doing promotion. Promotion strategies undertaken by each tourist village is different, based on the needs of the tourist village. Kampung Ekologi is one of the villages called as a tourist village. Kampung Ecologi does not yet have an effective promotion strategy because it is still in the development stage to find the right formulation, so the manager has not been able to focus and maximize the promotion that has been done. This study aims to determine the level of promotional effectiveness of the strategy undertaken by Kampung Ekologi Batu. This research was conducted at Kampung Ekologi Batu, from February 2018 until March 2018. The data used were primary data obtained through interview with questionnaire to respondent. The data were analyzed using the EPIC model method using Microsoft Excel 2013 and SEM-PLS using WarpPLS 5.0 application. The result of this research is there are three promotion strategy which have been done in Kampung Ekologi Batu, that is personal selling, leaflet and social media. Among the three promotional strategies, social media has the highest effectiveness value then personal selling and the last is the leaflet. Then the four dimensions of the EPIC model have an influence on the effectiveness of the promotion. The four dimensions are emphaty, persuasion, impact and communication give different effect to promotion effectiveness. Communication variables have the greatest influence, this can be interpreted that the average information contained in the media campaign meets the criteria of information required by consumers so that consumers understand the advertising message delivered. Emphaty variables have a low influence, this is because the promotional activities are not done well and promotional design is less good, so the consumer interest in the first time to see the promotion of Kampung Ekologi Batu has not been so high.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/338/051804939
Uncontrolled Keywords: Desa Wisata, Kampung Ekologi, Strategi Promosi, Pengembangan
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Jan 2019 02:39
Last Modified: 19 Oct 2021 14:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161446
[thumbnail of AFIFAH SALSABILA.pdf]
Preview
Text
AFIFAH SALSABILA.pdf

Download (22MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item