Hubungan Strategi Komunikasi Melalui Media Sosial Instagram Dengan Keputusan Berkunjung Di Agrowisata Nagasvarna, Desa Tegalharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi

Kumalasari, Devi Ayu (2018) Hubungan Strategi Komunikasi Melalui Media Sosial Instagram Dengan Keputusan Berkunjung Di Agrowisata Nagasvarna, Desa Tegalharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Instagram menjadi sarana untuk mendorong masyarakat menciptakan suatu tren yang tanpa disadari dapat mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama. Penggunaan media sosial Instagram ditunjang dengan strategi komunikasi yang baik akan mempermudah untuk mengenalkan destinasi wisata kepada masyarakat. Saat ini belum banyak pengelola pariwisata yang menyadari petingnya strategi komunikasi melalui media sosial untuk memperkenalkan wisatanya secara optimal. Salah satunya adalah Agrowisata Nagasvarna yang berada di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Agrowisata Nagasvarna memiliki akun Instagram dengan nama @Agro_wisata_nagasvarna, namun belum digunakan secara optimal. Pihak pengelola tidak memperhatikan bagaimana strategi komunikasi melalui media sosial Instagram agar dapat mempengaruhi masyarakat untuk berkunjung. Sedangkan strategi komunikasi sangat dibutuhkan untuk memperkenalkan daya tarik wisatanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan strategi komunikasi melalui media sosial Instagram dengan keputusan berkunjung di Agrowisata Nagasvarna. Metode analisis data yang digunakan ada Structural Equation Modelling (SEM) dengan teknik Partial Least Squere (PLS). Penelitian menganalisis strategi komunikasi media sosial yang meliputi tiga variabel yaitu kualitas konten, interaksi dan kualitas kontak layanan, sedangkan variabel perubahan sikap sebagai variabel mediasi. Hasil penelitian ini diketahui bahwa variabel yang memiliki hubungan dengan perubahan sikap adalah (1) variabel interaksi (IT) mempunyai hubungan sebesar 26% (2) variabel kualitas kontak layanan (KL) mempunyai hubungan sebesar 26%, sedangkan (3) kualitas konten (KK) memiliki hubungan sebesar 11%. Variabel yang memiliki hubungan dengan keputusan berkunjung (KB) adalah (1) variabel interaksi (IT) memiliki hubungan sebesar 11%. (2) variabel kualitas kontak layanan (KL) memiliki hubungan sebesar 17% (3) variabel perubahan sikap (PS) mempunyai hubungan sebesar 38%. Sedangkan (4) variabel kualitas konten hubungan sebesar 22%. Strategi komunikasi melalui media sosial Instagram mempunyai hubungan dengan keputusan berkunjung sebesar 38 % melalui perubahan sikap. Pada hasil penelitian ini juga diketahui bahwa variabel perubahan sikap mampu menjadi variabel mediasi

English Abstract

Instagram becomes a means to encourage people to develop a trend that can unwittingly encourage others to do the same. The use of social media Instagram supported by a good communication strategy will be used to introduce tourist destinations to the community. Currently not much effort is made through social media to optimize optimally. One of them is Agrowisata Nagasvarna located in Banyuwangi Regency, East Java Province. Agrowisata Nagasvarna has an Instagram account named @Agro_wisata_nagasvarna, but has not been used optimally. The management does not pay attention to how the communication strategy through social media Instagram in order to influence the community to visit. While the communication strategy is needed to introduce the attraction of tourism. This study aims to determine the influence of communication strategies through social media Instagram of the decision to visit Agrowisata Nagasvarna. Data analysis method used is Structural Equation Modeling (SEM) with Partial Least Squere (PLS) technique. The study analyzed social media communication strategy covering three variables, namely content quality, interaction and service contact quality, while attitude change variable as mediation variable. The results of this study that variables have relationship with attitude change are (1) interaction variable (IT) has a relationship of 26% (2) variable quality of service contact (KL) has a relationship of 26%, while (3 ) content quality (KK) has a relationship of 11%. Variables related to visiting decisions (KB) are (1) IT interaction variables have a relationship of 11%, (2) service quality (KL) has a relationship relationship of 17% (3) attitude change variables (PS) 38%. While (4) variable content quality relationship by 22%. Communication strategy through social media Instagram has a relationship with the decision of visit by 38% through attitude change. In the results of this study is also known that the variables of change is able to become a variable mediation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FP/2018/380/051807624
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Komunikasi, Agrowisata, pemasaran
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 30 Nov 2018 01:45
Last Modified: 19 Oct 2021 16:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161422
[thumbnail of DEVI AYU KUMALASARI.pdf]
Preview
Text
DEVI AYU KUMALASARI.pdf

Download (21MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item