Mudjanarko, SriWiwoho (2013) Model Perilaku Pemilihan Lokasi Parkir. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan jumlah penduduk ini diiringi dengan meningkatnya jumlah pemilik kendaraan bermotor di kota-kota besar Indonesia termasuk kota Surabaya. Sebagai kota besar, kota Surabaya tidak lepas dari permasalahan transportasi. Permasalahan transportasi yang dijumpai diantaranya adalah kemacetan lalu lintas, polusi udara, pemborosan BBM, disiplin berkendaraan rendah, pelanggaran rambu lalu lintas, rendahnya law enforcement , rendahnya pertumbuhan panjang jalan, rendahnya ruang publik, tingginya pertumbuhan kendaraan pribadi dan keterbatasan ruang parkir. Salah satu permasalahan Kota Surabaya adalah ruang parkir. Berdasarkan data yang ada, Kota Surabaya mempunyai 1.568 titik parkir yang tersebar di 31 kecamatan. Tujuan penelitian ini adalah 1.Mengetahui karakteristik lokasi parkir dan kebutuhan parkir kendaraan bermotor yang ada di Kota Surabaya. 2.Mengetahui model perilaku pengguna kendaraan bermotor dalam memilih lokasi parkir yang dibutuhkan. 3.Memberikan rekomendasi penyediaan lokasi parkir di Kota Surabaya. Diharapkan dengan membentuk model pemilihan lokasi parkir yang akurat, dapat di estimasi hal-hal penting khususnya yang menyangkut perencanaan dan pengelolaan lokasi parkir di masa mendatang. Penelitian ini dilakukan hanya di Kota Surabaya pada 2 jenis pengguna kendaraan yaitu pengguna sepeda motor dan pengguna mobil. Model matematis yang digunakan adalah model logit binomial dan multinomial dengan mengembangkan 3 jenis respon dalam proses pemilihan lokasi parkir, antara lain parkir on street dan off street (pelataran,gedung). Jenis survey yang dilakukan adalah revealed preference yang dikombinasikan dengan state preference untuk membentuk model existing dan model simulasi pemilihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sensitivitas respon pengguna parker dalam memilih lokasi parkir pada pilihan parkir on street sebagai prioritas utama dibandingkan parkir off street . Masih adanya keinginan yang kuat pada penggunaan parkir on street dan sedikit penggunaan parkir pelataran ini mempengaruhi perilaku pengguna parkir dalam mencari ruang parkir yang terbaik. Faktor variabel-variabel pendidikan dan variabel pendapatan sangat berpengaruh terhadap pilhan parkir pelataran maupun parkir gedung. Sedangkan pilihan parkir gedung relatif sedikit digunakan sebagai pilihan pengguna parkir. Hal terbaik yang harus dilakukan adalah mengurangi ketersediaan parkir on street atau membatasi lokasi parkir on street dan menambah ketersediaan parkir off street di kota Surabaya.
English Abstract
The growth of economic has been accompanied by the increasing number of vehicle owners in major cities including Surabaya-Indonesia. As a major city, Surabaya certainly has the problem of transportation. Most of the transportation problems occurred in Surabaya are traffic congestion, air pollution, waste fuel, low riding discipline, violation of traffic signs, poor law enforcement, low growth in road length, lack of public space, the high growth of private vehicles and limited parking space. One of Surabaya city problems is the parking space. Based on existing data, Surabaya has 1,568 parking point spread in 31 subdistricts. The purposes of this study are the following 1. To understand the existing characteristics of the parking location and the need of motor vehicles parking in the city of Surabaya? 2. To develop the behavior model of motorists in choosing the location of required parking? , and 3) . To propose the recommendation of the provision of parking location in the city of surabaya?. By forming the selection model of a valid parking location, it can be estimated the important things, especially concerning the planning and management of parking locations in the future. The research was only conducted in the city of Surabaya on 2 types users vehicle namely motorcycle users and private car users. The mathematical model used is a binomial models and multinomial logit to develop three types of responses in the parking site selection process, including the parking lot, on street and the building. This type of survey conducted in this research is revealed preference combined with state preference to form the existing model and model simulation of the selection. The results shows that the response sensitivity of parking user confirms that on street parking is more likely to be chosen than off street parking. It is also found that there is still a strong desire for parking user to use on street parking and a few parking lot users which are affected on the parking user to choose the best parking space whereas the amount of building parking users is relatively few. The best thinga to do are to reduce or to limit on-street parking space and to increase off street parking area in the city of Surabaya.
Item Type: | Thesis (Doctor) |
---|---|
Identification Number: | DES/711.558/MUD/m/061401799 |
Subjects: | 700 The Arts > 711 Area planning (civic art) > 711.5 Specific kinds of areas |
Divisions: | S2/S3 > Doktor Teknik Sipil, Fakultas Teknik |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 21 Apr 2014 12:12 |
Last Modified: | 21 Apr 2014 12:12 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161352 |
Actions (login required)
View Item |