Resubun, Yanuarius (2013) Pengaruh Budaya Organisasi dan Kompetensi Karyawan Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan di BUMD Provinsi Papua. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sumber daya manusia adalah harta yang paling penting bagi organisasi dan merupakan sumberdaya utama yang memiliki peran esensial untuk mendukung keberhasilan organisasi. Dalam era desentralisasi seperti saat ini dan dibarengi dengan proses demokratisasi telah membuat banyak perubahan yang dramatis terutama bagi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sehingga otonomi daerah menjadi tantangan sekaligus peluang yang perlu diantisipasi dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah menguji dan menjelaskan (1). Pengaruh budaya organisasi dan kompetensi karyawan terhadap kepuasan kerja, (2). Pengaruh budaya organisasi, kompetensi karyawan dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. Lokasi penelitian adalah di Provinsi Papua dengan obyek penelitian di MD Provinsi Papua. Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan di unit kerja BUMD di Provinsi Papua yaitu PT. Irian Bhakti, PT. Papua Lintas Nusantara, PT. TV Mandiri Papua dan PT. Percetakan Rakyat Papua. Keseluruhan populasi adalah 293 karyawan dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berdasarkan atas rumus Slovin, diperoleh 169 karyawan. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Path dan Analisis Faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja di unit kerja BUMD Papua. Bahwa semakin kuat budaya organisasi akan mampu meningkatkan kepuasan kerja karyawan. b udaya organisasi secara langsung juga berpengaruh terhadap kinerja karyawan, demikian juga kepuasan kerja karyawan berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Berarti kepuasan kerja karyawan menjadi mediasi sebagian pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan. Hasil selanjutnya adalah kompetensi terbukti berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan, namun berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja karyawan. Kepuasan kerja karyawan menjadi mediasi sempurna pengaruh kompetensi terhadap kinerja karyawan. Artinya kompetensi karyawan yang makin tinggi harus memberi kepuasan kerja kepada karyawan terlebih dulu, dan selanjutnya akan meningkatkan kinerja karyawan.
English Abstract
Human resources are the most important assets for organizations, and they become the main resources which have an essential role to support the success of the organization. Today, in this era of decentralization and followed by the process of democratization, there has been dramatic changes for organization especially for regionally owned enterprises (Badan Usaha Milik Daerah – BUMD), so that regional autonomy becomes challenges as well as opportunities that should be well anticipated. This research aims at examining and analyzing (1) The influence of organizational culture and competency on job satisfaction, (2) The influence of organizational behavior, employee competency and job satisfaction on job performance. This research was conducted in Papua and the object of this study was the BUMD Papua. The population of this study was the employees in BUMD Papua Province comprising PT. Irian Bhakti, PT. Papua Lintas Nusantara, PT. TV Mandiri Papua and PT. Percetakan Rakyat Papua. The number of population was 293 and the sample of this research was selected based on Slovin formula, obtaining 169 employees. This study used Path Analysis program and Factor Analysis. The result showed that there was a significant influence of organizational culture on job satisfaction in BUMD Papua. It means that the stronger the organizational culture, the higher the job satisfactionwould be. Organizational culture also directly affects employee performance; employee`s job satisfaction has a significant effect on employee performance. Job satisfaction functions as a partial mediation on the effect of organizational culture on employee performance. Moreover, it is evident that competency significantly influences job satisfaction, but does not affect employee performance significantly. Job satisfaction becomes a complete mediation for the effect of competency on employee performance. It means that a higher employee competency should give job satisfaction to employees, and in turn, it will further improve the employee performance.
Item Type: | Thesis (Doctor) |
---|---|
Identification Number: | DES/658/RES/p/061400538 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 28 Apr 2014 14:00 |
Last Modified: | 16 Oct 2024 07:22 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161327 |
Text
Yanuarius Resubun.pdf Download (7MB) |
Actions (login required)
View Item |