Peran Motivasi Spiritual Agamis terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dan Kinerja Dosen (Studi pada Dosen Universitas Haluoleo Kendari Sulawesi Tenggara).

Adam, LaOdeBahana (2011) Peran Motivasi Spiritual Agamis terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) dan Kinerja Dosen (Studi pada Dosen Universitas Haluoleo Kendari Sulawesi Tenggara). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empiris peran motivasi spiritual agamis baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap organizational citizenship behavior (OCB) dan kinerja dosen. Dimana variabel motivasi spiritual agamis dijabarkan dalam tiga variabel yang berdasarkan pada ruang lingkup ajaran agama Islam, yakni aqidah, ibadah, dan muamalah. Secara rinci tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji secara empiris peran: (1) motivasi aqidah terhadap organizational citizenship behavior (OCB) , (2) motivasi ibadah terhadap organizational citizenship behavior (OCB), (3) motivasi muamalah terhadap organizational citizenship behavior (OCB), (4) motivasi aqidah terhadap kinerja dosen . (5) motivasi ibadah terhadap kinerja dosen, (6) motivasi muamallah terhadap kinerja dosen, dan (7) organizational citizenship behavior (OCB) terhadap kinerja dosen. Secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat memperkaya dan melengkapi khasanah ilmu pengetahuan di bidang manajemen terutama pengembangan manajemen sumber daya manusia yang berhubungan dengan motivasi karyawan dan perilaku organisasi, sehingga dapat bermanfaat bagi para akademisi dan praktisi. Populasi penelitian ini adalah seluruh dosen yang ada di Universitas Haluoleo Kendari yang tersebar di 8 Fakultas. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak 120 dosen. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode proportional random sampling dan analisis data penelitian dengan menggunakan PLS ( Partial Least Square ). Temuan utama penelitian ini adalah bahwa kinerja dosen dapat menjadi lebih baik bila motivasi spiritual agamis dosen meningkat khususnya dalam pemahaman nilai-nilai agama terhadap konsep aqidah, ibadah dan muamalah yang di wujudkan dalam bentuk bekerja, berperilaku, dan berkinerja dalam prespektif agama. Pengaruh ini menjadi lebih kuat bila diikuti dengan perilaku ekstra peran dosen (OCB) untuk berperilaku positif dan peduli dengan lingkungan dan kondisi universitas, yang selanjutnya diikuti oleh kemampuan dan kemauan universitas dalam mengantisipasi perubahan serta mendukung perubahan yang terjadi di lingkungan universitas tersebut, khususnya dalam hal menciptakan kondisi kerja yang saling menghormati, kekeluargaan, saling peduli, serta menyediakan fasilitas yang memadai untuk mendukung terlaksananya pembinaan spiritual agamis dosen.

English Abstract

This study was designed to test and demonstrate empirically the role of religious spiritual motivation, both directly and indirectly, through organizational citizenship behavior (OCB) on lecturers` performance. Specifically, the purpose of this study is to analyze and empirically explore the role of: (1) aqeedah motivation on organizational citizenship behaviour (OCB), (2) ebada motivation on organizational citizenship behavior (OCB), (3) mu`amalah motivation on organizational citizenship behavior, (4) aqeedah motivation on lecturers` performance, (5) ebada motivation on lecturers` performance, (6) mu`amalah motivation on lecturers` performance , and (7) organizational citizenship behavior (OCB) on lecturers` performance. The study is expected to enrich and expand the body of literature in management science, particularly in the area of human resource development motivation of employees and organizational behavior which will be useful for academics and practitioners. The population of this study are all lecturers in Haluoleo University of Kendari which spreads out at 8 faculties. The samples were 120 lectuers, chosen using proportional sampling technique, and the analysis of data used PLS (Partial Least Square). The main conclusion of this study is that the performance of lecturer may be better if the ebada spiritual motivation is increased, especially in the understanding of religious values to the concepts of work, behaviour and performance in a religious point of view. This influence is strong when it is followed by the extra-role behavior (OCB) elements and followed by the capacity and willingness of the organization to anticipate changes and to support the changes that occur within the organization or university specially in creating the conditions of work, brotherhood and mutual perspect, and provide adequate facilities to support the implementation of the right religious spiritual program of development.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/658/ADA/p/061105104
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 11 Jan 2012 09:33
Last Modified: 11 Jan 2012 09:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161322
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item