Generalized Structured Componen Analysis (GSCA) Tentang Atmosfir Mall, Kualitas Pelayanan, Diskon Dan Loyalitas Pelanggan

Suryani, Alit (2013) Generalized Structured Componen Analysis (GSCA) Tentang Atmosfir Mall, Kualitas Pelayanan, Diskon Dan Loyalitas Pelanggan. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan ritel modern yang pesat menimbulkan tingkat persaingan yang tinggi, sehingga mendorong upaya untuk meningkatkan daya tarik ritel dengan menampilkan atmosfir yang menarik, bahkan perbaikan atmosfir dilengkapi dengan layanan yang bermutu. Untuk meningkatkan intensitas kunjungan pelanggan, ritel modern juga melengkapi dengan program diskon secara periodik guna memberikan kepuasan dan mendorong loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan secara empiris (1) Pengaruh atmosfir terhadap loyalitas yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan pada ritel modern, (2) Pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas yang dimediasi oleh kepuasan pelanggan pada ritel modern; (3) Pengaruh kepuasan terhadap loyalitas dengan diskon sebagai variabel moderasi. Populasi penelitian adalah pelanggan yang berbelanja pada ritel modern(mall) di Bali dengan jumlah sampel 150. Pengambilan sampel menggunakan metode convenience sampling dan analisis data penelitian menggunakan Generalized Structured Componen Analysis (GSCA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Atmosfir ritel modern berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas secara langsung.Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan secara langsung. Kepuasan pelanggan menjadi mediasi parsial baik untuk variabel atmosfir ritel maupun kualitas pelayanan dengan loyalitas pelanggan. Diskon bukan merupakan variabel moderasi, tetapi merupakan variabel prediktor yang berpengaruh langsung dan paling besar pengaruhnya terhadap loyalitas pelanggan. Pelanggan bisnis ritel (mall) yang puas dan loyal disebabkan oleh diskon, atmosfir mall dan mutu layanan yang sumbangannya paling rendah. Secara teoritis hasil penelitian ini dapat memperkaya dan melengkapi khasanah ilmu pengetahuan di bidang ilmu manajemen khususnya yang berhubungan dengan teori perilaku konsumen, konsep bauran pemasaran, konsep lingkungan, dan konsep mutu layanan.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/658.87/SUR/g/061311064
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Jun 2014 14:09
Last Modified: 16 Jun 2014 14:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161321
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item