Pengaruh Pengalaman terhadap Niat Beli Via Online yang Dimediasi oleh Persepsi Kontrol Perilaku dan Kepercayaan (Studi pada Konsumen Remaja di Kota Denpasar)

Giantari, IGstAyuKt (2013) Pengaruh Pengalaman terhadap Niat Beli Via Online yang Dimediasi oleh Persepsi Kontrol Perilaku dan Kepercayaan (Studi pada Konsumen Remaja di Kota Denpasar). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menjelaskan: 1) pengaruh pengalaman terhadap niat beli via online remaja di Kota Denpasar, 2) peran persepsi kontrol perilaku dan kepercayaan dalam memediasi atas hubungan pengalaman dengan niat beli via online remaja di Kota Denpasar. Desain penelitian menggunakan survei dan pengumpulan data secara cross section melalui kuesioner. Unit analisis adalah remaja yang sedang kuliah di perguruan tinggi negeri yang berdomisili di Kota Denpasar, berusia 17 - 24 tahun, sudah pernah melakukan pembelian minimal dua kali dalam enam bulan, dan membeli untuk kepentingan sendiri. Karena jumlahnya tidak bisa ditentukan (infinite) maka pengambilan sampel menggunakan non probabilitas sampling (sampel tidak acak) yaitu dengan convenience sampling. Hipotesis penelitian diuji menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis variance , yaitu Smart PLS Ver 2.0 M3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman remaja secara langsung tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan niat beli via online. Persepsi kontrol perilaku dan kepercayaan mampu sebagai mediasi sempurna ( complete mediation ) hubungan antara pengalaman dengan niat beli via online remaja di Kota Denpasar. Implikasi praktis penelitian ini, bagi online shop dapat memodifikasi bauran pemasaran dan memberi keyakinan kepada konsumen bahwa proses pembayaran melalui ATM atau kartu kredit terjamin, sehingga mereka menjadi lebih percaya terhadap online shop . Penelitian ini mengembangkan theory of planned behavior dengan menggunakan persepsi kontrol perilaku dan kepercayaan sebagai mediator pada pengalaman dan niat beli via online .

English Abstract

The purposes of this study are to examine and explain: 1) the effect of experience on online purchasing intention of youth consumers in Denpasar City, and 2) the role of perceived behavioral control and trust in mediating the relationship between experience and online purchasing intention of youth consumers in Denpasar City. This research is designed by survey and data are collected using questionnaire in cross sectional way. The unit of analysis consists of students of state universities in Bali, aged between 17 and 24, at least has twice online purchasing experiences in six months, and buy for own purposes. Sample is taken using non probability sampling method, i.e. convenience sampling, because the population is infinite. Hypotheses are tested using Variance-based Structural Equation Modeling (SEM), namely Smart PLS Version 2.0 M3. The results show that direct experience does not significantly affect youth online purchasing intention. However, perceived behavioral control and trust are proven as complete mediations of the relationship between experience and online purchasing intention of youth consumers in Denpasar City. The practical implication of the study for online shop businesses is to modify the marketing mix and convince the consumers that credit card and ATM payments are secure. In this way, consumers` trust would increase. This research expands the theory of planned behavior by using perceived behavioral control and trust as the mediators of the relationship between experience and online purchasing intention.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/658.834 3/GIA/p/061305515
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 29 Jul 2013 11:16
Last Modified: 29 Jul 2013 11:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161315
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item