Marhaeni (2015) Perilaku Konsumenterhadap Pembelian Abon Daging Sapidi Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Produk peternakan sangatlah penting sebagai sumber konsumsi pangan protein hewani guna meningkatkan gizi masyarakat, sehingga berperan dalam meningkatkan sumberdaya manusia. Produk pangan asal ternak merupakan sesuatu yang berasal dari sumber hayati produk peternakan, baik yang diolah maupun tidak diolah yang diperuntukkan sebagai makanan atau minuman bagi konsumsi manusia. Untuk itu produk peternakan perlu dikembangkan dengan penganekaragaman pangan dengan pengoptimalan pangan lokal, serta pengembangan teknologi pengolahan pangan lokal. Pengembangan produk pangan olahan seperti abon daging sapi sangat ditentukan aspek sosial antara lain oleh profil dan kepuasan konsumen, serta loyalitas konsumen yang mengkonsumsi abon daging sapi. Abon daging sapi sebagai salah satu produk pangan olahan secara tradisional, umumnya dihasilkan oleh industri rumahtangga (home industry) yang dipasarkan baik di sekitar produsen ataupun di luar daerah. Aspek pemasaran produk abon daging sapi di Kota Palu perlu mendapat perhatian, sebab aspek pemasaran sama pentingnya dengan aspek produksinya. Perhatian terhadap pemasaran, perlu dilihat dari aspek perilaku konsumen (consumer behaviour), disebabkan keberhasilan dari aspek produksi saja tidak menjamin keberhasilan usaha jika produsen abon sapi tidak mengetahui apa yang diinginkan dan perilaku para konsumennya sehingga permasalahan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Apakah bauran pemasaran (produk, harga, promosi, proses, pelaku usaha dan bukti fisik) serta perilaku masyarakat (sosial budaya, pribadi dan psikologi) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dalam membeli abon daging sapi di Kota Palu? dan (2) Apakah bauran pemasaran (produk, harga, promosi, proses, pelaku usaha dan bukti fisik) serta perilaku masyarakat (sosial budaya, pribadi dan psikologi) serta kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas konsumen menjadi pelanggan abon daging sapi di Kota Palu? Penelitian menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dilakukan di Kota Palu dengan pertimbangan bahwa Kota Palu dikenal sebagai kota industri rumahtangga (home industry) komoditas abon daging sapi. Pengambilan data terhadap konsumen dilaksanakan di tempat-tempat penjualan (counter) produk abon daging sapi di Kota Palu. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan accidental sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang dipilih dengan pertimbangan tertentu. Penelitian ini menggunakan analisis statistik depkriptif dan analitis terhadap data dari hasil jawaban responden dalam kuisioner,yang ditabulasi dan dianalisisdengan menggunakan alat analisis statistik inferensial Model Persamaan Struktural atau Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin, proporsi antara perempuan dengan laki-laki tidak jauh berbeda hanya selisih 11% di mana perempuan lebih banyak atau lebih mendominasi yaitu sebesar 55.5%, sedangkan laki-laki sebanyak 44,5%. Hal ini menunjukkan bahwa partisipasi perempuan lebih signifikan dibanding laki-laki dalam pengambilan keputusan keluarga untuk menyediakan makanan harian keluarga. Jika dilihat berdasarkan usia responden, diketahui bahwa sebagian besar responden berada pada rentang usia 30–<40 tahun yaitu sebanyak 58 responden (29%) di mana pada usia tersebut merupakan usia yang sangat produktif. Mengenai pendidikan diketahui bahwa proporsi antara tingkat pendidikan Diploma dan Sarjana mendominasi yaitu masing-masing sebanyak 54 responden (27%) sedangkan dilihat dari masa kerja, sebagian besar responden bekerja selama 11–15 tahun (24%). Hasil analisis SEM menunjukkan bahwa : Kualitas produk (X1) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y1) dengan nilai probabilitas (P-value) sebesar 0.001 (P<0.10) dan nilai koefisien standar sebesar 0,324. Hal ini disebabkankarena kualitas produk abon danging sapi dianggap konsumen sudah baik, sehingga memberikan kepuasan konsumen abon daging sapi di Kota Palu. Kesesuaian harga (X2) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y1) dengan nilai probabilitas (P-value) sebesar 0.004 (P<0.10) dan nilai koefisien standar sebesar 0,284. Hal ini disebabkan karena kesesuaian harga akan memberikan kepuasan konsumen terhadap produk abon daging sapi di Kota Palu. Keberadaan promosi (X3) mempunyai pengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y1) dengan nilai probabilitas (P-value) sebesar 0.570 (P>0.10) dan nilai koefisien standar sebesar 0.051. Hal ini disebabkan karenaada atau tidaknya keberadaan promosi tidak akan mempengaruhi tinggi rendahnya nilai kepuasan konsumen abon daging sapi di Kota Palu. Tempat penjualan (X4) mempunyai pengaruh tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y1) dengan nilai probabilitas (P-value) sebesar 0.232 (P>0.10) dan nilai koefisien standar sebesar 0.109 yang berarti tidak terdapat pengaruh signifikan dari tempat penjualan terhadap kepuasan konsumen abon daging sapi di Kota Palu. Proses pembuatan (X5) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y1) dengan nilai probabilitas (P-value) sebesar 0.002 (P<0.10) dan nilai koefisien standar sebesar 0.312 yang berarti bahwa semakin tinggi nilai proses pembuatanakan mengakibatkan semakin tinggi pula nilai kepuasan konsumen abon daging sapi di Kota Palu.Pelaku usaha (X6) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen (Y1) dengan nilai probabilitas (P-value) sebesar 0.004 (P<0.10) dan nilai koefisien standar sebesar 0.293. Hal ini disebabkan karena semakin tinggi nilai pelaku usaha akan mempengaruhi semakin tinggi variabel kepuasan konsumen abon daging sapi di Kota Palu. Bukti fisik (X7) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen (Y1) dengan nilai probabilitas (P-value) sebesar 0.012 (P<0.10) dan nilai koefisien standar sebesar 0,243. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin tinggi nilai bukti fisik akan mempengaruhi semakin tinggi pula variabel kepuasan konsumen abon daging sapi di Kota Palu. Sosial budaya (X8) mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen (Y1) dengan nilai probabilitas (P-value) sebesar 0.018 (P<0.10) dan nilai koefisien standar sebesar 0.226. Hal ini karena faktor sosial budaya masyarakat yang dirasakan meningkat sehingga memberikan kepuasan konsumenabon daging sapi di Kota Palu. Pribadi masyarakat(X9) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen (Y1) dengan nilai probabilitas (P-value) sebesar 0.003 (P<0.10) dan nilai koefisien standar sebesar 0.291. Hal ini disebabkan karena pribadi masyarakat yang menggemari produk lokal abon daging sapi sehingga memberikan kepuasan konsumen abon daging sapi di Kota Palu. Psikologis masyarakat (X10) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y1) dengan nilai probabilitas (P-value) sebesar 0.000 (P<0.10) dan nilai koefisien standar sebesar 0.342. Hal ini disebabkan karena semakin tinggi nilai psikologis masyarakat akan mengakibatkan semakin tinggi pula nilai variabel kepuasan konsumen abon daging sapi di Kota Palu. Kualitas produk (X1) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y2) dengan nilai probabilitas (P-value) sebesar 0.011 (P< 0.10) dan nilai koefisien standar sebesar 0,331. Hal ini disebabkankarena kualitas produk yang dirasakan sudah baik oleh konsumen akan meningkatkan loyalitas konsumen untuk mengkonsumsi abon daging sapi di Kota Palu. Kesesuaian harga (X2) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen (Y2) dengan nilai probabilitas (P-value) sebesar 0.010 (P< 0.10) dan nilai koefisien standar sebesar 0,316. Ha
Item Type: | Thesis (Doctor) |
---|---|
Identification Number: | DES/658.834 2/MAR/p/2015/061602752 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 12 Apr 2016 11:03 |
Last Modified: | 12 Apr 2016 11:03 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161309 |
Actions (login required)
View Item |