Arief, Mohammad (2013) Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Perusahaan melalui Fleksibilitas Strategi sebagai Variabel Mediasi (Studi pada UKM Sentra di Kabupaten Malang). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, menguji dan menjelaskan pengaruh dari orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja perusahaan melalui fleksibilitas strategi sebagai variabel mediasi. Penelitian ini dilakukan pada UKM Sentra di Kabupaten Malang dengan berdasarkan pada Disperindag Kabupaten Malang Tahun 2012. Sampel penelitian ditentukan sebanyak 125 unit usaha dan dipilih dengan menggunakan metode probability sampling , dengan teknik Proportional Random Sampling . Unit analisis dalam penelitian ini adalah UKM Sentra (perusahaan) serta menempatkan pemilik/pengelola sebagai responden. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modeling dengan software AMOS. Hasil analisis menunjukkan bahwa orientasi pasar, orientasi kewirausahaan berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap kinerja perusahaan. Hal ini mengindikasikan bahwa kinerja perusahaan ditentukan dari pemahaman UKM Sentra di Kabupaten Malang dalam menerapkan orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan. Hasil menarik dari penelitian ini adalah dimensi perilaku proaktif bukan merupakan determinan utama dalam membentuk orientasi kewirausahaan. Hal ini bertolak belakang dengan konsepsi orientasi kewirausahaan sebagaimana yang dikemukakan oleh Lumpkin dan Dess (1996). Hasil temuan lain menunjukkan bahwa fleksibilitas strategi mampu berperan sebagai mediasi dari pengaruh antara orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja perusahaan. Dengan fleksibilitas strategi yang baik maka UKM Sentra di Kabupaten Malang mampu menghadapi dinamika lingkungan, sehingga berdampak pada pencapaian kinerja yang lebih baik. Meskipun demikian, peran mediasi dari fleksibilitas strategi dalam menentukan besarnya pengaruh antara orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja lebih kecil jika dibandingkan dengan pengaruh langsung. Secara keseluruhan, hasil studi ini mengindikasikan bahwa kombinasi antara orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan merupakan instrumen yang mendasari UKM Sentra di Kabupaten Malang dalam membentuk fleksibilitas strategi, sehingga mampu memperbaiki atau meningkatkan kinerja perusahaan.
English Abstract
This research aims to analyze, test and explain the influence of market orientation and entrepreneurial orientation on the firm performance through flexibility strategies as a mediation variables. This research was conducted on the SMEs Cluster in Malang Regency. The research sample is determined as many as 125 business units and selected using probability sampling methods, with Proportional Random Sampling techniques. The Unit of analysis in this study is the SME Cluster (firm) as well as putting the owner/maintainer as respondents. The Data collected is analyzed using Structural Equation Modeling with AMOS software. The results of the analysis indicate that market orientation and entrepreneurial orientation influenced significantly and positively to the firm performance. This indicates that the firm performance is determined from the understanding of SME Cluster in Malang Regency in applying market orientation and entrepreneurial orientation. Interesting results from this research are proactive behavior dimension is not a major determinant in shaping the entrepreneurial orientation. This is contrary to the conception of entrepreneurial orientations as expressed by Lumpkin and Dess (1996). Other findings indicated that strategic flexibility able to role as a mediation from the influence between market orientation and entrepreneurial orientation on the firm performance. With the flexibility of a good strategy in the SME Centers Malang able to deal with the dynamics of the environment, so as to have an impact on the achievement of better performance. Even so, the role of strategic flexibility mediation in determining the magnitude of the effect of market orientation and entrepreneurial orientation on the firm performance is much smaller when compared with the direct influence. Overall, the results of this study indicate that the combination between market orientation and entrepreneurial orientation is the underlying instrument at the SMES Cluster in Malang for in shaping strategic flexibility, so that it is able to repair or improve a firm performance.
Item Type: | Thesis (Doctor) |
---|---|
Identification Number: | DES/658.83/ARI/p/061307561 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing |
Divisions: | S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 24 Apr 2014 10:59 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 06:16 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161305 |
Text
MOHAMMAD ARIEF.pdf Download (6MB) |
Actions (login required)
View Item |