Pengaruh Nilai Islami dan Citra Merek pada Perilaku Pembelian Melalui Kepercayaan Merek (Studi pada Mahasiswa Universitas Swasta Islam di Jawa Timur).

Fianto, AchmadYanuAlif (2014) Pengaruh Nilai Islami dan Citra Merek pada Perilaku Pembelian Melalui Kepercayaan Merek (Studi pada Mahasiswa Universitas Swasta Islam di Jawa Timur). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konstruk dan fenomena budaya telah menjadi kajian yang sangat penting dalam konsep perilaku konsumen. Pemahaman yang baik mengenai budaya dan pengaruhnya pada sikap dan perilaku konsumen merupakan prasyarat untuk menjalankan aktifitas pemasaran yang efektif kepada konsumen dalam latar belakang budaya yang beragam. Terdapat anggapan bahwa ada hubungan yang kompleks antara budaya dengan perilaku manusia. Agama disebut sebagai unsur yang penting untuk mempelajari budaya karena merupakan salah satu institusi sosial yang paling universal dan berpengaruh serta memainkan peranan yang signifikan terhadap sikap, nilai-nilai dan perilaku baik di tingkat individu ataupun sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh nilai Islami dan citra merek terhadap perilaku pembelian sekaligus mengidentifikasi dan menganalisis peranan mediasi kepercayaan merek pada hubungan antara nilai Islami dan citra merek dengan perilaku pembelian. Penelitian ini menggunakan pengukuran untuk mengukur nilai Islami sebagaimana yang ada di dalam al-Qu`ran dan al-Hadist. Penelitian ini dilakukan pada 386 mahasiswa di 13 universitas swasta Islam yang tersebar di provinsi Jawa Timur. Hasil analisis penelitian ini mengungkapkan bahwa nilai Islami dan citra merek memiliki peranan dalam mempengaruhi perilaku pembelian dan ternyata kepercayaan merek juga memiliki peran mediasi dalam hubungan antara nilai Islami dan citra merek dengan perilaku pembelian.

English Abstract

Culture construct and phenomenon has became an important study in the consumer behaviour concept. Better understanding about the culture and its influence into consumer attitude and behaviour is a requirement to operate the effective marketing activities to the consumers in the various culture. There is a presumption that there is a complex relationship between culture with human behavior. Religion is referred to as an important element for the study of culture as it is one of the most universal social institution and influential and plays a significant role on the attitudes, values and behaviors both at the individual or social level. The purpose of this study is to identify and analyze the influence of Islamic values and brand image on purchase behavior as well as identifying and analyzing the mediating role of brand trust in the relationship between Islamic values and brand image with purchasing behavior. This study uses measurements to measure Islamic values as it exists in the al-Qu ran and al-Hadith. This study was conducted on 386 students at 13 private universities spread Islam in East Java province. The results of the analysis of this study revealed that Islamic values and brand image have a role in influencing the purchasing behavior and brand trust also turned out to have a mediating role, although not fully in the relationship between Islamic values and brand image with purchasing behavior.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/658.827/FIA/p/061502641
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 13 Apr 2015 15:13
Last Modified: 13 Apr 2015 15:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161304
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item