Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Stereotip Gender terhadap Intensi Kewirausahaan Mahasiswa yang Dimediasi oleh Kebutuhan Berprestasi dan Efikasi Diri (Studi pada Mahasiswa Asli Papua di Kota Jaya

Bharanti, BonifasiaElita (2012) Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan dan Stereotip Gender terhadap Intensi Kewirausahaan Mahasiswa yang Dimediasi oleh Kebutuhan Berprestasi dan Efikasi Diri (Studi pada Mahasiswa Asli Papua di Kota Jaya. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis: pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap intensi kewirausahaan mahasiswa secara langsung maupun tidak langsung melalui kebutuhan berprestasi dan efikasi diri serta pengaruh stereotip gender terhadap intensi kewirausahaan mahasiswa secara langsung maupun tidak langsung melalui kebutuhan berprestasi dan efikasi diri. Populasi penelitian adalah mahasiswa Asli Papua yang berlatar belakang ekonomi yang ada di Kota Jayapura. Sampel diambil dari 197 mahasiswa berlatar belakang ekonomi dan bisnis dari 4 (empat) perguruan tinggi yang ada di Kota Jayapura. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan proportionate stratified random sampling dan analisis data menggunakan SEM ( Structural Equation Model ) dan Sobel Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan dapat meningkatkan intensi kewirausahaan mahasiswa secara tidak langsung dengan meningkatnya efikasi diri. Sedangkan stereotip gender dapat meningkatkan intensi kewirausahaan mahasiswa secara langsung maupun tidak langsung dengan meningkatnya kebutuhan berprestasi dan efikasi diri. Stereotip gender memberikan kontribusi utama pada meningkatnya intensi kewirausahaan mahasiswa.

English Abstract

The study is aimed to test and analyze the influence of entrepreneurship education towards the student entrepreneurial intentions both directly and indirectly through the needs for achievement and self-efficacy and the influence of gender stereotype towards the student entrepreneurial intentions both directly and indirectly through the needs for achievements and self-efficacy. The Population of study wa the native Papua student who having certain economic background in Jayapura. The sample was selected from 197 of 4 (four) universities in Jayapura. The sampling technique used was probability sampling with proportionate stratified random sampling and the data analysis was conducted using SEM ( Structural Equation Model) and Sobel Test. The Result of analysis show that the entrepreneurship education can improve the students entrepreneurial intentions indirectly as self-efficacy increased. Whereas gender stereotype can improve students entrepreneurial intentions both directly and indirectly as the needs for achievement and selfefficacy increased. Gender stereotype gives major contribution to the increase of students entrepreneurial intentions.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/658.421/BHA/p/061202517
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 26 Sep 2012 15:53
Last Modified: 26 Sep 2012 15:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161268
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item