Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Dosen yang Dimediasi Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja (Studi pada Perguruan Tinggi Swasta di Jayapura)

Taruno, FXSoewartoCitro (2011) Pengaruh Gaya Kepemimpinan terhadap Kinerja Dosen yang Dimediasi Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja (Studi pada Perguruan Tinggi Swasta di Jayapura). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mengkaji besarnya pengaruh langsung dan tidak langsung gaya kepemimpinan terhadap kinerja dosen di perguruan tinggi swasta di Jayapura. Populasi penelitian seluruh dosen pada 6 (Enam) Perguruan Tinggi Swasta di Jayapura berjumlah 315 orang. Penarikan sampel penelitian menggunakan teknik nonproportional random sampling dengan cara cluster berdasarkan jenjang pendidikan dan anggota sampel dipilih secara sistematis sebanyak 76 orang. Variabel penelitian terdiri dari: gaya kepemimpinan sebagai variabel bebas, kepuasan kerja dan motivasi kerja sebagai variabel antara, dan kinerja dosen sebagai variabel tergantung. Teknik pengumpulan data yang utama menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan metode statistik PLS (Partial Least Square). Temuan penelitian adalah: (1) Kontribusi atau sumbangan terbesar pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja dosen berturut-turut adalah: (a) jalur dengan motivasi kerja sebagai mediator, (b) jalur dengan kepuasan kerja sebagai mediator, dan (c) jalur bersama-sama kepuasan kerja dan motivasi kerja sebagai mediator. (2) Untuk menghasilkan kinerja dosen yang lebih baik, seorang permimpin hendaknya: (a) Lebih kreatif dan inisiatif, membantu memecahkan masalah, memberi dorongan kepada para dosen, dan mengikuti perubahan-perubahan yang terjadi di lingkungannya, (b) Harus mampu menghasilkan perasaan senang para dosen dan memiliki kecintaan pada pekerjaan, serta mengkondisikan lingkungan kerja yang menyenangkan, dan (c) Harus mampu meningkatkan motivasi kerja para dosen melalui kebersamaan dalam bekerja, memperhatikan promosi karier, dan memberikan penghargaan kepada para dosen yang memiliki prestasi kerja yang baik.

English Abstract

The research objective is to reveal and investigate the direct and indirect influence of leadership style on the work performance of private university lecturers in Jayapura. The research population consists of the lecturers in six private universities in Jayapura comprising 315 people. The research sample was drawn using nonproportional random sampling technique by means of cluster based on educational strata and the number of sample is generated 76 people. The research variables consist of leadership style as the independent variable, work satisfaction and work motivation as the intervening variables, and lecturers` work performance as the dependent variable. The major data collection is questionnaire. The data are analyzed by applying a statistic technique PLS (Partial Least Square). The research findings are: (1) the biggest contribution of the influence of leadership style towards the lecturers` work performance in series are: (a) work motivation line as a mediator, (b) work satisfaction line as a mediator, (c) combination of work satisfaction and work motivation line as a mediator. (2) to create better lecturers` work performance, a leader should: (a) be more creative and initiative, help in problems solving, enhance the lecturers, and follow the surrounding movements, (b) be able to create comfortable feeling for the lecturers so that they have great interest to their jobs, and create joyful work environment, and (c) be able to improve lecturers` work motivation through the togetherness in work, pay attention to carrier promotion, and give achievement to the lecturers having good work performance.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/658.409 2/TAR/p/061200352
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 18 Sep 2012 10:33
Last Modified: 18 Sep 2012 10:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161262
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item