Pengaruh Kepemimpinan terhadap Motivasi dan Kinerja Karyawan serta Implikasinya terhadap Kepuasan Karyawan (Studi pada Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulawesi Tenggara)

Supendy, Rustam (2012) Pengaruh Kepemimpinan terhadap Motivasi dan Kinerja Karyawan serta Implikasinya terhadap Kepuasan Karyawan (Studi pada Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulawesi Tenggara). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empiris Pengaruh Kepemimpinan Terhadap motivasi dan Kinerja Karyawan Serta Implikasinya Terhadap Kepuasan Kerja baik secara langsung maupun tidak langsung. Dimana variabel Kepemimpinan dijabarkan dalam dua variabel, yakni Gaya Kepemimpinan Transformasional dan Gaya Kepemimpinan Transaksional. Secara rinci tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji secara empiris pengaruh: (1) Gaya Kepemimpinan Transformasional terhadap motivasi kerja Karyawan, (2) Gaya Kepemimpinan Transaksional terhadap Motivasi Kerja Karyawan, (3) Gaya Kepemimpinan Transformasional terhadap Kinerja Karyawan, (4) Gaya Kepemimpinan Transaksional terhadap Kinerja Karyawan . (5) motivasi kerja karyawan terhadap kinerja karyawan, dan (6) kinerja karyawan terhadap kepuasan kerja karyawan. Secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat memperkaya dan melengkapi khasanah ilmu pengetahuan di bidang manajemen terutama pengembangan manajemen sumber daya manusia yang berhubungan dengan Kepemimpinan dan perilaku organisasi, sehingga dapat bermanfaat bagi para akademisi dan praktisi. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan tetap Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sulawesi Tenggara yang berjumlah 385 orang. Sedangkan sampel penelitian sebesar 196 yang diambil dengan menggunakan rumus Slovin. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode proportional random sampling. Metode analisis digunakan adalah Structural Equation Modeling (SEM)dengan bantuan software AMOS 18.00. Temuan utama penelitian ini adalah bahwa : 1) Variabel gaya kepemimpinan transaksional merupakan gaya kepemimpinan yang dominan meningkatkan motivasi kerja karyawan, kinerja serta kepuasan karyawan; 2) Gaya kepemimpinan transformasional tidak dapat meningkatkan kinerja karyawan secara langsung tanpa melalui motivasi karyawan; 3) Gaya kepemimpinan transaksional tidak dapat meningkatkan kinerja karyawannya secara langsung tanpa melalui motivasi karyawan.

English Abstract

This reaserch is empirically aimed at testing and proving the effect of leadership model toward motivation and the workers` performance and implication toward the direct and indirect work satisfaction. Leadership, as the main variable on this study, is classified into two variables those are the Transformational Leadership Model and the Transactional Leadership Model. The Objective of this research is to analyze and to test the effect of (1) the transformational leadership model toward the workers` motivation; (2) the transactional leadership model toward the workers` motivation; (3) the transformational leadership model toward the workers` performance; (4) thde transactional leadership model toward the workers` performance; (5) the workers motivation toward their performance; and (6) the workers` performance toward their motivation. Hopefully, this study will enrich the knowladge about managemant, especially the development of human resource managemant which is related to leadership and organization behavior. Moreover, it will give benefit for both the scholars and the practitioners. The population of this study is all permanent workers of Bank Pembangunan Daerah of South-East Sulawesi with the total number of 385 people. There are 196 people used as the sample which is taken by using Slovin formula. The Sample is taken by using proportional random sampling. The analysis method used is the Structural Equation Medeling (SEM). The AMOS 18.00 software is also applied. The findings of the study show that: 1) the variable of transactional leadership model is the dominant leadership model wichh increase workers; motivation, performance, and satisfaction; 2) the transformational leadership model cannot direcly increase the workers` performance without motivating the workers; 3) the transactional leadership model cannot direcly increase the workers` performance without motivating the workers.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/658.409 2/SUP/p/061204561
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 16 Jan 2013 09:56
Last Modified: 16 Jan 2013 09:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161260
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item