Supriyanto, AchmadSani (2011) Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, terhadap Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja dan Kinerja Manajer (Studi di Bank Syari’ah Kota Malang). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : meneliti, menguji dan mengkaji pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kepemimpinan transformasional, terhadap kepuasan kerja dan kinerja manajer. Penelitian ini dilakukan di bank syari`ah di Kota Malang. Populasi penelitian adalah seluruh tingkatan manajemen (manajer, supervisor, dan kepala unit) Bank Syari`ah yang terdiri dari Bank Syari`ah Mandiri, BTN Syari`ah, Bank Muamalah, BRI Syari`ah, Bank Mega Syari`ah. Sampel penelitian ini sebesar 65 orang manajer bank. Pengambilan sampel adalah sampel jenuh. Data dikumpulkan langsung dari responden dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner dan teknis analisis data menggunakan PLS ( Partial Least Square ). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap kepemimpinan transformasional, kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, kecerdasan emosional berpengaruh signifikan terhadap kinerja, kecerdasan spiritual berpengaruh signifikan terhadap kepemimpinan transformasional, kecerdasan spiritual berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, kecerdasan spiritual berpengaruh signifikan terhadap kinerja, kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja, kepemimpinan transformasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja, kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat diartikan bahwa kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual, kepemimpinan transformasional merupakan komponen organisasi yang sangat berharga. Komponen ini dapat menjadi kompetensi inti organisasi untuk meningkatkan kepuasan kerja serta memperbaiki atau meningkatkan kinerja, yang merupakan sumber keunggulan bersaing organisasi dalam menghadapi lingkungan bisnis yang berubah dengan cepat.
English Abstract
The study aims to : examine, test, and evaluate the influence of emotional quotient (EQ), emotional quotient (EQ), transformational leadership on job job satisfaction, and performance. The study conducted in shariah banking of Malang. Research population was all levels of management (managers, supervisor and unit heads) that consists of islamic banks (Bank Syari`ah Mandiri, BTN Syari`ah, Bank Muamalah, BRI Syari`ah, Bank Mega Syari`ah). Research samples has been 65 shariah banking managers. Sample determination considers sampling jenuh while research data analysis used PLS (Partial Least Square). The result showed that : emotional quotient (EQ) significantly influence transformational leadership, emotional quotient (EQ) significantly influence job satisfaction, emotional quotient (EQ) significantly influence performance, spiritual quotient (SQ) significantly influence transformational leadership, spiritual quotient (SQ) significantly influence job satisfaction, spiritual quotient (SQ) significantly influence performance, transformational leadership significantly influence job satisfaction, transformational leadership significantly influence performance, job satisfaction significantly influence performance. Based on the result, it can be conclude that emotional quotient, emotional quotient (EQ), transformational leadership are valuable organizational components. These components may become on organzation`s core competencies for improving job satisfaction and refine performance which are as sources of organizational competitive strenghts in facing the rapidly changing business environments.
Item Type: | Thesis (Doctor) |
---|---|
Identification Number: | DES/658.409 2/SUP/p/061104813 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management |
Divisions: | S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 07 Nov 2011 09:16 |
Last Modified: | 07 Nov 2011 09:16 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161259 |
Actions (login required)
View Item |