Model Kemitraan Stakeholder dalam Pemberdayaan Petani Kedelai Hitam sebagai Bagian Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) PT. Unilever Indonesia, Tbk.

Susilowati, KartikaDewiSri (2011) Model Kemitraan Stakeholder dalam Pemberdayaan Petani Kedelai Hitam sebagai Bagian Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) PT. Unilever Indonesia, Tbk. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan suatu konsep teori tentang model kemitraan yang melibatkan berbagai stakeholder. Model kemitraan ini sedang banyak dikembangkan karena diyakini dapat menghasilkan bentuk kerjasama yang menguntungkan berbagai pihak yang bermitra antara lain LSM, PNM, Universitas, Pemerintah Daerah, Petani, Media dan Yayasan Unilever Peduli. Hubungan kemitraan yang melibatkan berbagai stakeholder ini telah mampu memberikan kontribusi yang sangat penting bagi pengembangan kondisi sosial masyarakat dan memberikan manfaat bagi berbagai mitra yang bermitra. Penelitian ini bersifat kualitatif menggunakan pendekatan grounded research . Pengambilan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam terhadap informan-informan kunci yang terlibat dalam proyek budi daya kedelai hitam diantaranya pihak akademisi, perusahaan, lembaga keuangan, media, petani dan pemerintah . Dalam penelitian ini ditemukan bahwa CSR dan kemitraan yang dilakukan Unilever mampu memenuhi dua motif sekaligus yaitu sosial dan ekonomi ( socioeconomic ) dan digambarkan sebagai hubungan yang memiliki saling ketergantungan. Ketergantungan tersebut dapat dilihat dari kepentingan perusahaan untuk memperoleh pasokan kedelai hitam secara sustainable dan bagi masyarakat berkepentingan terhadap pengembangan kondisi sosial dan ekonomi mereka. Meskipun perusahaan memiliki tingkat ketergantungan yang tinggi terhadap sumber daya akan tetapi dengan kemitraan serta pemanfaatan social capital yang dimilikinya, perusahaan memperoleh ‘ power ` untuk mengendalikan dan menguasai pihak-pihak yang memiliki sumber daya untuk memenuhi kebutuhannya. Sehingga teori yang dihasilkan dari penelitian ini menunjukkan kondisi yang berlawanan dengan teori ketergantungan sumber daya ( Resource Dependence Theory ) serta tidak mendukung teori Single Stakeholder yang dimotori oleh Friedman.

English Abstract

The objective of this study was to discover a new theoretical concept related to stakeholders partnership model. The partnership model is currently being promoted in the belief that it will result in benefiting cooperation for all parties involved in the partnership. Using this model, Unilever that has partnership with many stakeholders (NGOs, PNMs, Universities, Local Governments, Farmers, Media and Unilever Foundation) supervises, introduces, and provides society accesses to capital resources, skills, technologies, and markets. The partnership relation involving stakeholders are able to give very important contributions for the development of society`s social condition and give benefits to all parties involved in the partnership. This research was based on qualitative -grounded research approach. The data were drawn based on in-depth interviews of key informants who involved in the black soy beans project including academicians, local government, financial institution, media, farmers and the company. The CSR and partnership adopted by Unilever has fulfilled two motives that give benefits in the form of society`s life quality betterment as well as benefits for the company (socioeconomic benefits). The developed relationship between Unilever and black soy beans farmers provide a valuable win-win solution for both parties and can be described as interdependent relationship. The interdependence could be noticed from the company`s interest in getting black soy beans supply sustainably and the society has an interest in developing their social and economic conditions. Even though Unilever has a high dependence on resource from other parties, by implementing partnership and making use of its social capital, the company can gain ‘power` in controlling the parties having the resources to fulfill the company`s need. This research, therefore, showed a contradictory condition from to Resource Dependence Theory and does not support the Single Stakeholder Theory pioneered by Friedman.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/658.408/SUS/m/061103195
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 16 Sep 2011 14:56
Last Modified: 16 Sep 2011 14:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161239
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item