Rumambi, HedyDesiree (2014) Konsep Dasar Tanggungjawab Sosial Perusahaan dalam Perspektif Ajaran Sosial Gereja Katolik (Studi pada PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Cabang Manado). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merekonstruksi konsep dasar Tanggungjawab Sosial Perusahaan dalam perspektif Ajaran Sosial Gereja Katolik. Penelitian ini menggunakan paradigma cinta kasih dengan Ajaran Sosial Gereja Katolik sebagai kerangka teori untuk membaca dan menganalisis data PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk cabang Manado. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan prinsip-prinsip Ajaran Sosial Gereja Katolik, yaitu keluhuran martabat pribadi manusia, kesejahteraan umum, solidaritas sosial, dan keadilan sosial sebagai alat analisisnya. Hasil rekonstruksi dari penelitian ini, yaitu Tanggungjawab Sosial Perusahaan Cinta Kasih merupakan komitmen cinta kasih perusahaan untuk mengembangkan pribadi pekerja sebagai manusia seutuhnya dan memberikan kesejahteraan kepada seluruh stakeholders. Implikasi dari penelitian ini adalah membangun kesadaran perusahaan untuk bertanggungjawab sosial dengan berkomitmen pada prinsip people, planet, dan profit di mana manusia ( people ) menjadi titik tolaknya.
English Abstract
This research aims to reconstruct the basic consept of Corporate Social Responsibility in Catholic Social Teaching Perspective. This research uses love paradigm with Catholic Social Teaching as a theoretical framework to read and to analyze data from PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk Manado Branch. The research method is qualitative research with the principles of Catholic Social Teaching, like the dignity of the human person, common good, social solidarity, and social justice, as a tool analysis. The result of the reconstruction in this research, namely Love Corporate Social Responsibility, as a commitment of corporate love to develop the personal worker as a fully human being and to bring prosperity for all stakeholders. The implication of this research is to build the awareness of company`s social responsibility with the commitment to people, planet, and profit where human person (people) as a starting point.
Item Type: | Thesis (Doctor) |
---|---|
Identification Number: | DES/658.408/RUM/k/061406279 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management |
Divisions: | S2/S3 > Doktor Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 31 Oct 2014 15:01 |
Last Modified: | 31 Oct 2014 15:01 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161238 |
Actions (login required)
View Item |