Rahardjo, Hartono (2012) Tanggung Jawab Sosial dan Orientasi Kepentingan Manajemen: Perspektif Manajemen (Studi pada Perusahaan Manufaktur di Surabaya, Malang, Gresik dan Sidoarjo, Jawa Timur). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menjelaskan (1) apakah paradigma manajemen mempengaruhi sikap manajemen terhadap tanggung jawab sosial perusahaan dan (2) apakah sikap manajemen terhadap tanggung jawab sosial perusahaan merefleksikan orientasi kepentingan utama manajemen kepada para stakeholders perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode positivist karena bertujuan menguji hipotesis. Hipotesis disusun berdasarkan telaah teoritis dan penelitian-penelitian terdahulu. Populasi penelitian adalah direktur dan manajer senior yang bekerja di perusahaan manufaktur di Surabaya, Malang, Gresik dan Sidoarjo, Jawa Timur. Total sampel adalah 120 direktur dan manajer senior dari 30 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggung jawab laba tidak dapat dicapai apabila tidak didukung oleh tanggung jawab sosial. Tanggung jawab sosial adalah bagian dari strategi bisnis perusahaan. Tanggung jawab ekonomi tidak dapat dijalankan apabila manajemen mengabaikan tanggung jawab sosial dimensi etika, hukum dan philanthropic . Meskipun mengakui arti penting tanggung jawab sosial, manajemen hanya memberikan perhatian terbesar pada aktivitas sosial yang memberikan manfaat langsung kepada aktivitas bisnis perusahaan. Manajemen memberikan perhatian lebih besar kepada stakeholders internal daripada stakeholders eksternal. Sikap manajemen terhadap tanggung jawab sosial perusahaan menunjukkan manajemen mempunyai orientasi kepentingan terbesar kepada pekerja, disusul kelangsungan hidup perusahaan, pemegang saham dan pemasok, disusul konsumen dan lingkungan hidup dan terakhir masyarakat. Urutan tersebut ditentukan pada besarnya power , legitimasi dan urgensi tiap-tiap stakeholders. Hasil ini juga menunjukkan bahwa bentuk aktivitas tanggung jawab sosial lebih ditentukan oleh manajemen sendiri dan bukan oleh pemerintah.Penelitian ini melengkapi pandangan teori keagenan, teori stakeholders, teori stewardship dan teori corporation first tentang praktek tanggung jawab sosial perusahaan. Implikasi penelitian ini adalah manajemen harus mempunyai kebijakan, strategi dan pilihan aktivitas tanggung jawab sosial yang mendukung tanggung jawab utama manajemen untuk menghasilkan laba maksimum. Selain itu, manajemen harus mepertimbangkan kepentingan pekerja dalam menetapkan aktivitas tanggung jawab sosial perusahaan. Keterbaruan penelitian ini adalah menolak pandangan bahwa semakin kuat paradigma ekonomis maka manajemen bersikap semakin minimalis dalam memenuhi tanggung jawab sosial perusahaan. Kesimpulan tersebut berdasarkan temuan sikap manajemen yang menempatkan dimensi etika sebagai dimensi terpenting disusul hukum, philanthropic dan ekonomi.
English Abstract
This research aimed to analysis and to explain (1) whether the management paradigm influence the management attitude towards the corporate social responsibility (CSR) and (2) whether CSR management attitude reflect the main interest orientation of management towards company`s stakeholders. Research method used in this research is positivist with the objective to test the hypothesis. The hypothesis is established based on theoritical review and review of relevant previous researches. The research population are directors and senior managers in manufacturing companies in Surabaya, Malang, Gresik and Sidoarjo East Java. Total sample is 120 directors and managers from 30 manufacturing companies. The results show that corporate profit responsibility cannot be accomplished if it is not supported by the CSR. CSR is part of company business strategy. The economic responsibility cannot be undertaken well if the management ignores other three dimensions of CSR, i.e., (ethics, legal and philanthropic responsibility). Eventhough the management recognizes the importance of CSR, he only undertake some social activities which have direct benefit to the company`s business activities. The management pays more attention to internal stakeholders than to external ones. The management attitude towards CSR shows that the management has interest orientation most on the company`s workers, followed by corporate sustainability, shareholders and suppliers, consumers and environment and society. Such order is determined by the degree of power, legitimacy and urgency every stakeholder. Moreover, the type of social activities is mostly determined directly by the management; not by the government. This research complements the theories of agency, stewardship, stakeholders and corporation first on CSR. Implication of this research is that management has to have policy, strategy and social responsibility activities that support management main responsibility. i.e, profit maximization endeavours efforts. Besides, management has to take into account the interest of the employees in determining CSR activities. The originality of this research is that it rejects arguments claiming that the stronger is economic paradigm the less is the management behavior to meet its CSR objectives. The conclusion is based on management attitude which place ethics dimension is the most important CSR dimension, followed by legal, philanthropic and finally, economic dimension.
Item Type: | Thesis (Doctor) |
---|---|
Identification Number: | DES/658.408/RAH/t/061301049 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management |
Divisions: | S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 20 Aug 2013 12:23 |
Last Modified: | 20 Aug 2013 12:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161237 |
Actions (login required)
View Item |