Pemahaman Corporate Social Responsibility Bagi Masyarakat Lokal Sekitar Wilayah Eksplorasi Exxon Mobil Cepu Ltd. Di Bojonegoro Jawa Timur

Ningrum, IfaKhoiria (2015) Pemahaman Corporate Social Responsibility Bagi Masyarakat Lokal Sekitar Wilayah Eksplorasi Exxon Mobil Cepu Ltd. Di Bojonegoro Jawa Timur. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemahaman masyarakat lokal sekitar wilayah eksplorasi tentang pelaksanaan CSR EMCL, mengeksplorasi efektifitas partisipasi masyarakat lokal sekitar wilayah eksplorasi pada pelaksanaan CSR EMCL dan merekomendasikan model pelaksanaan CSR efektif berdasarkan partisipasi masyarakat lokal sekitar wilayah eksplorasi. Secara teoritis hasil penelitian ini dapat menyediakan model CSR efektif berdasarkan partisipasi masyarakat. Menggunaan metode kualitatif fenomenologi dengan 10 informan kunci masyarakat desa Gayam, Mojodelik, Begadon, Brabowan dan Ringin Tunggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Corporate Social Responsibility yang dilaksanakan perusahaan secara langsung kepada masyarakat dan melalui mitra perusahaan mempengaruhi pemahaman masyarakat lokal di sekitar wilayah eksplorasi terhadap implementasi CSR. Masyarakat yang kurang dilibatkan dalam pelaksanaan program, tidak ada kejelasan informasi dan keberlanjutan program berpengaruh terhadap pemahaman masyarakat tentang masalah implementasi CSR. Bantuan sosial, wujud tanggung jawab perusahaan kepada masyarakat dan lingkungan, serta dana bagi hasil yang diberikan kepada penduduk mempengaruhi pemahaman masyarakat lokal di sekitar wilayah eksplorasi terhadap konsep CSR. Dampak negatif keberadaan perusahaan EMCL merupakan dampak yang lebih dominan dipahami oleh masyarakat lokal sekitar wilayah eksplorasi dibandingkan dengan dampak positif CSR. Berdasarkan kebutuhan masyarakat, tepat sasaran, program yang berlanjut terus, dan aturan standar yang jelas merupakan persepsi masyarakat lokal terhadap pelaksanaan CSR efektif. Proposisi Mayor: CSR efektif partisipatif harus mempertimbangkan/ memperhatikan pemahaman CSR menurut masyarakat lokal, keterlibatan perusahaan dalam bidang ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan dan keberadaan perusahaan yang tidak baik, serta berbasis permasalahan lokal. Efektifitas pelaksanaan CSR dipengaruhi oleh kontinuitas program, tepat sasaran, berbasis permasalahan masyarakat, dan standar aturan. Keberhasilan pelaksanaan program CSR dipengaruhi oleh partisipasi dalam perencanaan, berbasis kebutuhan, dan pelibatan dalam pembuatan program CSR bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/658.408/NIN/p/2015/061603744
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 11 May 2016 14:49
Last Modified: 11 May 2016 14:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161235
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item