Knowledge Management pada Sumber-Sumber Keunggulan Bersaing dan Implementasi Blue Ocean Strategy sebagai Upaya Penciptaan Daya Saing yang Berkelanjutan (Studi Perusahaan Penerbangan Komersil)

Sikki, Alfatih (2011) Knowledge Management pada Sumber-Sumber Keunggulan Bersaing dan Implementasi Blue Ocean Strategy sebagai Upaya Penciptaan Daya Saing yang Berkelanjutan (Studi Perusahaan Penerbangan Komersil). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan untuk menciptakan keunggulan bersaing berkelanjutan dapatlah memiliki dua aspek yaitu pertama berkaitan dengan sustainabilitas dari sumber daya kunci yang digunakan dan yang kedua adalah durabilitas dari superioritas yang dimiliki oleh berbagai sumber daya kunci itu atas apa yang dimiliki oleh pesaing. Studi ini akan mengarahkan perhatiannya pada pertanyaan, seberapa mudah bagi pesaing untuk dapat menyamai berbagai sumber daya khas perusahaan dan strategi kompetitif yang inovatif untuk menciptakan keunggulan bersaing yang berkelanjutan serta seberapa langgeng perbedaan kapabilitas yang dimiliki oleh pesaingnya. Tujuan Penelitian ini adalah : Menguji dan menganalisis peranan knowledge management pada kompetensi inovasi terhadap daya saing berkelanjutan yang diukur sebagai kinerja jangka panjang melalui pengukuran layanan jasa penerbangan dan. implementasi blue ocean strategy sebagai orientasi strategik internal pada konsumen, guna pencapaian keunggulan bersaing berkelanjutan perusahaan yang diukur sebagai kinerja jangka panjang melalui pengukuran tingkat pelayanan jasa penerbangan dan tingkat keselamatan penerbangan pada dimensi kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian ini adalah karyawan yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam industri transportasi meliputi : pramugari, pramugara, kru pilot, pilot, teknisi dan bagian pemeliharaan dan perawatan armada, bagian administrasi yang melayani skedul pemberangkatan dan penjualan tiket. Konsumen yang menggunakan jasa transportasi Garuda Airline, Malaysia Airlines, dan Royal Brunei Airlines,Uni Emirate Airlines (keempat perusahaan jasa transportasi tersebut mempunyai strata daya saing yang hampir sama). Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah:metode analisis kuantitatif yang didukung metode analisis kualitatif. Hasil temuan yang menyatakan keterbaruan penelitian tersebut adalah bahwa proses knowledge dan penerapan strategi blue ocean tidak dapat menciptakan keunggulan bersaing secara berkelanjutan tanpa sumber-sumber keunggulan bersaing yang dimiliki oleh setiap personal pendukung organisasi perusahaan.

English Abstract

Firm as to establish extended competing top gets to have two aspects which is first get bearings with sustainabilitas of key resource that is utilized and secondly is durabilitas from superioritas which had by various resource keys that settle what does be had by competitor. Studi this will lead its attention on question, how easy for competitor for that match can corporate typical resource sort and innovative competitive strategy as to establish sustainables competing top and eternal seberapa proprietary kapabilitas difference by its competitor. To the effect Research this is : Test and analysis a part knowledge management on interest innovates to extended competitiveness one that is measured as performance longterm via measurement flight service and implementation blue ocean strategy as strategics orientation internal on consumer, utilised top attainment competes extended corporate one that is measured as performance longterm via ministering level measurement flight service and flight safety zoom on dimensioning quantitative and qualitative. Population research this is direct the interesting employee and also indirect deep industrial transportation covers: air hostess, steward, kru is pilot, pilot, technician and preserve part and fleet care, a part administration that service dispatch schedule and ticket sell. Consumer that utilize Garuda Airline`s transportation service, Airlines`s malaysia, and Airlines`s Brunei Prodigal, Uni Emirate Airlines (service firm fourth that transportation have competitiveness strata that close resemblance). Analisis`s method one that is utilized deep observational it is:analisis`s method quantitative one was backed up to methodic analisis qualitative. Finding result one that declares for new that research is that knowledge`s process and blue ocean`s strategy implement can`t create competing top on an ongoing basis without top source competes one that proprietary by each personal corporate organization supporting.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/658.403 8/SIK/k/061200024
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 13 Feb 2012 11:05
Last Modified: 13 Feb 2012 11:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161223
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item