Munizu, Musran (2012) Pengaruh Praktik Total Quality Management (TQM) terhadap Budaya Kualitas, Daya Saing, dan Kinerja Perusahaan (Studi pada Industri Manufaktur di Kota Makassar). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Praktik TQM merupakan serangkaian aktivitas yang dilakukan organisasi perusahan dalam upaya meningkatkan daya saing dan kinerjanya, dimana aktivitasnya mengutamakan keterlibatan seluruh anggota organisasi (manajer dan karyawan), perbaikan secara terus menerus proses operasi, dan fokus pada pelanggan. Sebagai salah satu praktik manajemen terbaik ( best management practice ), TQM menjadi sangat penting bagi terciptanya budaya kualitas yang kuat, daya saing yang tinggi, dan kinerja perusahaan yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah menguji konsistensi pengaruh praktik TQM terhadap budaya kualitas, daya saing, dan kinerja perusahaan baik secara langsung maupun secara tidak langsung pada Industri Manufaktur di Kota Makassar. Unit analisis penelitian adalah perusahaan. Responden yang dijadikan sampel sebanyak 114 orang manajer perusahaan. Metode analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah Structural Equation Modeling (SEM). Informasi kualitatif digunakan untuk menggali tambahan penjelasan berkaitan dengan hasil pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: praktik TQM berpengaruh secara langsung terhadap budaya kualitas, daya saing, dan kinerja perusahaan. Budaya kualitas berpengaruh secara langsung terhadap daya saing. Daya saing mempunyai pengaruh langsung terhadap kinerja perusahaan. Budaya kualitas secara langsung tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja perusahaan, tetapi budaya kualitas mampu meningkatkan kinerja perusahaan melalui daya saing perusahaan. Praktik TQM mampu meningkatkan kinerja perusahaan secara tidak langsung melalui daya saing perusahaan. Pengaruh praktik TQM secara tidak langsung terhadap kinerja perusahaan melalui budaya kualitas tidak signifikan. Terdapat 2 (dua) jalur penting yang menjelaskan pengaruh praktik TQM terhadap kinerja perusahaan, yaitu: (1) Praktik TQM dapat meningkatkan kinerja perusahaan secara langsung, dan (2) Praktik TQM dapat meningkatkan kinerja perusahaan melalui daya saing.
English Abstract
Total Quality Management (TQM) practice is a set of activities which are conducted by companies in order to improve the competitiveness and performance, which activities prior the involvement of entire organization members (manager and employees), to improve operation process continuously, and to focus on customer satisfaction. As one of the best management practices, TQM becomes very important in creating strong quality culture, high competitiveness, and better company performance. This study is aimed to investigate the consistency of the effects of TQM practice toward quality culture, competitiveness, and company`s performance on manufacturing industry in Makassar both directly and indirectly. The analysis unit of this study is the company. The samples of this study are 114 company managers. The method of analysis used in testing the hypothesis is Structural Equation Modeling (SEM). Qualitative information is also used to get additional explanation to support the result of hypothesis analysis. The result of analysis shows that TQM practice has significant direct effect toward quality culture, competitiveness, and company`s performance. Quality culture has significant effect toward competitiveness directly. Competitiveness has significant effect on company`s performance. Quality culture does not have direct significant effect toward company`s performance, but quality culture is able to improve company`s performance through the company`s competitiveness. TQM practice is able to improve company`s performance indirectly through the company`s competitiveness. The indirect effect of TQM practice toward company`s performance through quality culture is not significant. There are two important ways to explain the effect of TQM practice toward company`s performance: (1) TQM practice is able to improve company`s performance directly, and (2) TQM practice is able to improve company`s performance indirectly through the company`s competitiveness.
Item Type: | Thesis (Doctor) |
---|---|
Identification Number: | DES/658.401 3/MUN/p/061202331 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management |
Divisions: | S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 27 Sep 2012 11:52 |
Last Modified: | 27 Sep 2012 11:52 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161212 |
Actions (login required)
View Item |