Determinan Penyebaran Informasi Keuangan melalui Website pada Perusahaan Publik di Indonesia

Mardiati, Endang (2011) Determinan Penyebaran Informasi Keuangan melalui Website pada Perusahaan Publik di Indonesia. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk menguji apakah faktor karakteristik perusahaan (ukuran perusahaan, leverage , profitabilitas, dan klasifikasi industri), kepemilikan (kepemilikan publik dan manajerial), dan tata kelola perusahaan (komisaris independen dan komite audit) merupakan faktor penentu penyebaran informasi keuangan melalui website . Penelitian ini tidak menggunakan sampel tetapi mengikutkan seluruh populasi, yaitu seluruh perusahaan publik yang pada tanggal 31 Desember 2008 sudah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Dari 394 perusahaan yang terdaftar di BEI, sebanyak 13 perusahaan data tentang komisaris independen atau komite auditnya tidak dapat ditemukan sehingga hanya sebanyak 381 perusahaan yang diikutkan dalam analisis lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) faktor karakteristik perusahaan yang menjadi penentu penyebaran informasi keuangan melalui website adalah ukuran perusahaan dan profitabilitas, 2) dua faktor kepemilikan (kepemilikan publik dan kepemilikan manajerial) bukan merupakan faktor penentu penyebaran informasi keuangan melalui website , dan 3) faktor tata kelola yang menjadi penentu penyebaran informasi keuangan memlui website adalah komite audit. Secara keseluruhan, penyebaran informasi keuangan melalui website akan dilakukan oleh perusahaan yang ukurannya besar, profitabilitasnya tinggi, dan komite auditnya besar. Temuan ini memiliki implikasi bahwa perusahaan yang menyebarkan informasi keuangan melalui website adalah perusahaan besar, profitabilitasnya tinggi, dan komite auditnya besar. Informasi ini dapat digunakan oleh investor dan kreditor sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan ekonomi.

English Abstract

This study aimed to examine whether firm`s characteristics (firm size, leverage, profitability, and industry classification), ownership structures (public ownership and managerial ownership), as well as corporate governance (independent commissioners and audit committee) are determining factors of financial information dissemination via websites. This study did not use sample but utilized the whole population, i.e. all public companies listed in Indonesian Stock Exchanges (IDX) as of December 31, 2008. From 394 companies listed in IDX, there were 13 companies whose independent commissioners or audit committee data were not publicity available. Therefore, 381 companies were included in further analysis. The result of this study showed that: 1) Firm`s characteristics playing roles in determining financial information dissemination via websites were firm size and profitability, 2) Two factors concerning with ownership structures (public and managerial ownership) were not the determinants of financial information dissemination via websites, and 3) Audit committee was the only corporate governance factor that determined the financial information dissemination via websites. Overall, financial information dissemination via websites would be conducted by firms having large size, high profitability, and big-size audit committee. These findings implied that firms disseminating their financial information via websites were large and high profit firms having big-size audit committee. This information can be used by investors and creditors as one of their considerations in making economic decisions.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/658.15/MAR/d/061308720
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.1 Organization and financial management
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 05 May 2014 12:54
Last Modified: 05 May 2014 12:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161134
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item