Model Relasional Antara Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan dengan Kinerja Pemasaran ( Studi pada UKM Ekspor di Wilayah Malang Raya )

Zaini, Achmad (2014) Model Relasional Antara Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan dengan Kinerja Pemasaran ( Studi pada UKM Ekspor di Wilayah Malang Raya ). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi, menguji, dan menjela skan model hubungan relasional antara variabel orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran dengan variabel mediator : orientasi pembelajaran, inovasi dan keunggulan bersaing. Penelitian ini merancang sebuah kerangka konseptual dengan hipotesis-hipotesis dan mengujinya dengan menggunakan partial least square sebagai alat analisis untuk data dari 44 Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ber tujuan ekspor di wilayah Malang Raya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa o rientasi pasar maupun orientasi kewirausahaan berpengaruh signifikan positif terhadap inovasi dan orientasi pembelajaran. Orientasi pasar berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja pemasaran sedangkan orientasi kewirausahaan berpengaruh signifikan negatif terhadap kinerja pemasaran. Temuan tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi orientasi pasar semakin tinggi pula kinerja pemasaran, namun sebaliknya semakin tinggi orientasi kewirausahaan semakin rendah kinerja pemasaran. Pengaruh siginifikan negatif antara orientasi kewir ausahaan dengan kinerja pemasaran ini dapat diatasi dengan melibatkan variabel inovasi sebagai complete mediation variable karena inovasi berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja pemasaran, juga dapat melibatkan variabel orientasi belajar namun harus disertai variabel keunggulan bersaing karena temuan menunjukkan bahwa orientasi pembelajaran berpengaruh signifikan positif terhadap inovasi dan keunggulan bersaing namun tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Peran orientasi belajar penting sebagai partial mediation yang menghubungkan orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan dengan inovasi. Selanjutnya inovasi dan keunggulan bersaing mempunyai berperan penting untuk memediasi orientasi pasar dalam meningkatkan kinerja pemasaran (partial mediation), karena inovasi dan k eunggulan bersaing berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja pemasaran . Secara keseluruhan temuan penelitian ini menunjukkan bahwa peran orientasi pasar, keunggulan bersaing dan inovasi sangat penting untuk meningkatkan ki nerja pemasaran pada saat orientasi kewirausahaan UKM berpengaruh negatif terhadap kinerja pemasaran. Temuan-temuan penelitian mengimplikasikan pada pengusaha UKM untuk memberikan perhatian yang banyak pada kegiatan inovasi dan keunggulan bersaing. Berdas arkan temuan-temuan ini pemerintah daerah dapat merancang program pembinaan dan pembinaan serta pelatihan untuk mengembangkan kemampuan inovasi dan keunggulan bersaing UKM ekspor.

English Abstract

The purpose of the research was to identify, test, and explain the relationship between market orientation and entrepreneur ship orientation on marketing performance with mediator variables : learning orientation, innovation and competitive advantage. This research was to design a conceptual framework and test hypotheses using part ial least square as a tool of data analysis of 44 Small and Medium Enterprises (SMEs) export in Great Malang Region. The research findings revealed that market orientation and entrepreneurship orientation had positive significant effect on innovation and learning orientation. Market orientation had positive significant effect on marketing performance while entrepreneurship orientation had negative significant effect on marketing performance. The findings showed that higher market orientation higher marketing performance, but the higher the entrepreneurial orientation the lower the marketing performance. The Negative influence between entrepreneurship orientation and marketing performance could be overcame by involving innovation as a complete mediation variable, because innovation had positive significant effect on marketing performance. It could also involve learning orientation but must be accompanied by competitive advantage because the findings indicated that learning orientation had a positive significant effect on innovation and competitive advantage but d id not affect marketing performance. The role of learning orientation was important as partial mediation linking market orientation and entrepreneur ship orientation on innovation . Furthermore, innovation and competitive advantage had an important role to mediate market orientation to improve marketing performance (partial mediation), because innovation and competitive advantage had positive significant effect on marketing performance. Overall the findings of this research indicated that the role of market orientation, competitive advantage and innovation were essential to improve marketing performance when entrepreneurship orientation of SMEs negatively affect marketing performance . The findings of the research imply that SME entrepreneurs should give much attention to the activities of innovation and competitive advantage . Based on these findings the local government can design training and coaching program to develop the innovation ability and competitive advantage of SMEs export

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/658.022/ZAI/m/061402763
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 May 2014 10:07
Last Modified: 26 May 2014 10:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161124
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item