Proses Pembelajaran Umkm Dari Strategi Peniruan Menuju Strategi Inovasi (Studi Interpretif Pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah / Umkm Di Sentra Industri Tas Dan Koper Tanggulangin-Sidoarjo Jawa Timu

Sulistiyani, Rina (2013) Proses Pembelajaran Umkm Dari Strategi Peniruan Menuju Strategi Inovasi (Studi Interpretif Pada Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah / Umkm Di Sentra Industri Tas Dan Koper Tanggulangin-Sidoarjo Jawa Timu. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengungkap sikap usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terhadap strategi peniruan, pengalaman-pengalaman UMKM terkait faktor pendorong dan faktor kendala dalam menjalankan strategi peniruan, sikap terhadap strategi inovasi, proses pembelajaran UMKM menuju strategi inovasi melalui pengalaman selama menjalankan strategi peniruan. Desain penelitian fenomenologi digunakan dalam penelitian ini dengan melibatkan 5 informan dan analisis data mengacu pada analisis data model Creswell. Temuan penelitian menunjukkan: 1) Sikap positif terhadap strategi peniruan tercermin dalam konsep semangat belajar dan semangat untuk maju;2) pengalaman-pengalaman terkait faktor pendorong dan faktor kendala dalam menjalankan strategi peniruan tercermin dalam konsep peluang keuntungan, akses pasar, belajar dari kegagalan, orientasi jangka panjang, dan kerja keras; 3) sikap positif terhadap strategi inovasi mencakup konsep trend setter, pelopor pasar, kesuksesan, kreativitas, keikhlasan berbagi ilmu, terbuka terhadap ide dari luar, dan senang tantangan; 4) proses pembelajaran melalui pengalaman selama menjalankan strategi peniruan mencakup tahapan niru (meniru), niteni (berpikir kritis), nambahi (pengembangan), dan karyo sejati (sikap inovatif). Proses pembelajaran ini merupakan hasil interaksi antara konsep-konsep tersebut dan keberhasilan beralih dari strategi peniruan ke strategi ke strategi inovasi ditentukan oleh kemampuan menyeimbangkan antara aspek wira dan usaha.

English Abstract

This study aims to explore an attitude of micro, small, and medium enterprises (MSMEs) towards imitation strategy, MSMEs‟ experience in relation to supporting factors and barriersin carrying out imitation strategy, attitude towards innovation strategy and MSMEs‟ learning processes towards innovation strategy through their experience in executingtheir imitation strategy. Phenomenological research design is used in this study, which involving 5 informants and data analysis refers to the Creswell Model. The findings of this study indicate: 1) the concept of learning motivation and passion for progress reflect a positive attitude towards imitation strategy; 2) the experiences related with supporting factors and barriers in implementing imitation strategy is reflected in the concept of profit opportunities, access to markets, learning from failure, long-term orientation and hard work; 3) a positive attitude towards innovation strategy includes the concept of trend setters, market pioneers, a success, creativity, sincerity in knowledge sharing, open to ideas from the outside, and pleased to challenges; 4) experiential learning process in implementing imitation strategy include some stages, namely niru or imitation stage, niteni or critical thinking stage, nambahi or improvement and innovative attitude or karyo sejati. This learning process is the result of interactions between these concepts and the successful changes from imitation strategy into innovation strategy, which determined by the capacity to balance entrepreneurial and business aspect.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/658.022/SUL/p/061400154
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 28 Apr 2014 14:41
Last Modified: 28 Apr 2014 14:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161123
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item