Liberating Accounting Education through Beauty and Beyond

Kamayanti, Ari (2011) Liberating Accounting Education through Beauty and Beyond. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangunkan kesadaran tentang adanya penjara `keindahan` yang ingin dicapai dalam pendidikan akuntansi, mengkritisi penjara ini serta mengusulkan sudut pandang alternatif tentang bentuk pendidikan akuntansi. Konsep-konsep keindahan ini adalah maskulinitas, kolonisasi dan relativitas. Saat ini, pendidikan akuntansi dipandang indah apabila menggunakan pendekatan maskulin yang sangat bergantung pada rasionalisme, apabila digunakan untuk mengendalikan dan memelihara status quo pendominasi melalui kolonisasi; dan apabila jika ia tidak memiliki nilai ( value free ) atau meletakkan semua nilai pada tataran yang sama yang merupakan esensi dari relativitas. Tiga konsep tersebut merupakan dasar filosofi dari pendidikan akuntansi yang merepresentasikan karakter-karakter sekularisme. Pada tataran ontologi, relativitas menjelaskan nilai yang mendasari pendidikan akuntansi. Hal ini akan terefleksi pada tataran epistemologi yaitu penggunaan rasionalisme, dan pada akhirnya penggunaan pendidikan akuntansi sebagai alat kolonisasi. Extended Dialogic Methodology , sebuah metodologi yang diadaptasi dan diekstensikan dari Paulo Freire digunakan untuk mendobrak penjara keindahan ini. Berdasarkan metodologi tersebut, metode penelitian dilakukan dalam dua tahap: refleksi dan aksi. Hasil yang diperoleh adalah suatu rekonstruksi pendidikan akuntansi, dimulai dari filosofi sampai dengan praktik. Pendidikan akuntasi yang terbebaskan memiliki bentuk Filosofi Kesatuan, Mazhab Humanisme, Konsep Pembelajaran Dialogis Terekstensi, dan Aksi Dialogis Terekstensi. Sebagai bentuk pendidikan akuntansi terbebaskan, penjara pendidikan akuntansi terdobrak dan melampaui konsep-konsep yang sekarang ada. Pendidikan akuntansi yang terbebaskan menempati ruang yang lebih luas dibandingkan sebelumnya. Walaupun demikian, pada akhirnya selalu ada konsep-konsep keindahan yang ingin dicapai, sehingga dalam prosesnya, kita hanya berpindah dari satu penjara menuju penjara yang lain.

English Abstract

The aim of this research is to awake consciousness that accounting education is presently caged in fulfilling `beauty` concepts, criticize this cage and propose alternative view of accounting education form. The beauty concepts are masculinity, colonization and relativity. Currently, accounting education is regarded beautiful if it uses masculine approach that relies greatly on rationalism; if it is used to control and maintain the status quo through colonization; as well as if it has no values or regards that all values are at the same levels, which is the essence of relativity. The three are the philosophical foundation of accounting education that represents the characters of secularism. Ontologically, relativity depicts the value upon which accounting education is based that reflects on to its epistemological view of rationalism, and the use of accounting education as colonization tool. Extended Dialogic Methodology, an adapted and extended methodology from Paulo Freire is used to break the beauty cage. Derived from the methodology, research methods were conducted in two stages: reflection and action. The result is a reconstruction of accounting education, starting from its philosophy right down to accounting education practices. Accounting education ` s form materializes into the Unity philosophy, Humanism school, Extended Dialogic Accounting Education concepts of learning and Extended Dialogic Action practices. The beauty cage of accounting education has been broken and extended beyond the prevailing concepts. As a liberated accounting education, it occupies a larger beauty space that it previously resided in. However, at the end of the day, it is realized that there are always concepts of beauty that would like to be achieved, and in the process we are doing nothing less than moving from one cage of beauty into another.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/657.832 7/KAM/l/061102891
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.8 Accounting for enterprises engaged in specific kinds of activities
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 22 Jul 2011 10:08
Last Modified: 25 Sep 2023 08:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161112
[thumbnail of 061102891.pdf] Text
061102891.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item