Pentingnya Hubungan Berkelanjutan Perusahaan Event Organizer Dengan Perusahaan Pemilik Event Di Jawa Timur

Moko, Wahdiyat (2015) Pentingnya Hubungan Berkelanjutan Perusahaan Event Organizer Dengan Perusahaan Pemilik Event Di Jawa Timur. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Industri event berkembang dengan pesat dan memberikan peluang yang besar bagi perusahaan event organizer (EO). Perkembangan industri event tersebut membuat adanya persaingan antar perusahaan event organizer. Penelitian ini bertujuan: 1) Memahami arti hubungan berkelanjutan bagi perusahaan event organizer dengan perusahaan pemilik event; 2) Mengeksplorasi hubungan berkelanjutan perusahaan event organizer dengan perusahaan pemilik event. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Subyek penelitian ini adalah perusahaan event organizer dan perusahaan pemilik event. Informan pada penelitian ini berjumlah 9 yang terdiri dari 7 orang dari perusahaan event organizer dan 2 orang dari perusahaan pemilik event. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis fenomenologi. Temuan penelitian ini menunjukkan: Pertama hubungan berkelanjutan antara perusahaan event organizer dengan perusahaan pemilik event dipengaruhi 3 hal, yaitu: saling menguntungkan, kebijakan perusahaan dan hubungan interpersonal. Temuan yang kedua adalah bentuk hubungan yang dilakukan event organizer untuk menciptakan hubungan berkelanjutan dengan perusahaan pemilik event terdiri dari, kualitas event, kreativitas, kepercayaan, dan loyalitas. Dimensi hubungan berkelanjutan dibangun dari kesesuaian dengan kontrak, kerja sama, ketepatan waktu, keamanan, konsep, ide-ide baru, kemampuan, kejujuran, komitmen, tidak mengerjakan event pesaing dan dedikasi.Industri event berkembang dengan pesat dan memberikan peluang yang besar bagi perusahaan event organizer (EO). Perkembangan industri event tersebut membuat adanya persaingan antar perusahaan event organizer. Penelitian ini bertujuan: 1) Memahami arti hubungan berkelanjutan bagi perusahaan event organizer dengan perusahaan pemilik event; 2) Mengeksplorasi hubungan berkelanjutan perusahaan event organizer dengan perusahaan pemilik event. Desain penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Subyek penelitian ini adalah perusahaan event organizer dan perusahaan pemilik event. Informan pada penelitian ini berjumlah 9 yang terdiri dari 7 orang dari perusahaan event organizer dan 2 orang dari perusahaan pemilik event. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis fenomenologi. Temuan penelitian ini menunjukkan: Pertama hubungan berkelanjutan antara perusahaan event organizer dengan perusahaan pemilik event dipengaruhi 3 hal, yaitu: saling menguntungkan, kebijakan perusahaan dan hubungan interpersonal. Temuan yang kedua adalah bentuk hubungan yang dilakukan event organizer untuk menciptakan hubungan berkelanjutan dengan perusahaan pemilik event terdiri dari, kualitas event, kreativitas, kepercayaan, dan loyalitas. Dimensi hubungan berkelanjutan dibangun dari kesesuaian dengan kontrak, kerja sama, ketepatan waktu, keamanan, konsep, ide-ide baru, kemampuan, kejujuran, komitmen, tidak mengerjakan event pesaing dan dedikasi.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/394.206 8/MOK/p/2015/061602077
Subjects: 300 Social sciences > 394 General customs > 394.2 Special occasions
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 18 Apr 2016 11:07
Last Modified: 18 Apr 2016 11:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/161011
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item