Indubri, PaulusYulius (2012) Manajemen Pendidikan Sekolah dan Kualitas Pendidikan (Studi pada Kualitas Pendidikan di Provinsi Papua). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisasi dan menguji secara empirik: 1) apakah profesional guru berpengaruh terhadap manajemen pendidikan sekolah, 2) apakah kurikulum berpengaruh terhadap manajemen pendidikan sekolah, 3) apakah hasil belajar berpengaruh terhadap manajemen pendidikan sekolah, 4) apakah profesional guru berpengaruh terhadap kualitas pendidikan, 5) apakah kurikulum berpengaruh terhadap kualitas pendidikan, 6) apakah hasil belajar berpengaruh terhadap kualitas pendidikan, dan 7) apakah manajemen pendidikan sekolah berpengaruh terhadap kualitas pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah format desain pendekatan gabungan ( mixing approach ), yaitu pendekatan kuantitatif yang didukung oleh pendekatan kualitatif sebagai pendekatan minor. Lokasi penelitian pada 20 Kabupaten/Kota yang terdapat pada wilayah Provinsi Papua dengan pembagian sebagai berikut: 1) Kabupaten/Kota di bagian utara Provinsi Papua, yakni: Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Supiori, Kabupaten Biak, Kabupaten Nabire, dan Kabupaten Waropen., 2) Kabupaten/Kota di bagian tengah Provinsi Papua, yakni: Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Paniai, Kabupaten Mimika, Kabupaten Tolikara, Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Pegunungan Bintang, dan Kabupaten Yahukimo., dan 3) Kabupaten/Kota di bagian Selatan Provinsi Papua, yakni: Kabupaten Merauke, Kabupaten Asmat, Kabupaten Boven Digoel, dan Kabupaten Mappi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) adanya hubungan kausal antara faktor profesional guru, kurikulum, hasil belajar, manajemen pendidikan terhadap kualitas pendidikan, 2) manajemen pendidikan sekolah merupakan faktor penentu kualitas pendidikan, akan tetapi juga sangat ditentukan oleh profesional guru, kurikulum, dan hasil belajar yang tinggi. Apabila manajemen pendidikan sesuai dengan yang diharapkan dalam pengelolaannya maka kualitas pendidikan yang baik akan tercapai dan sebaliknya.
English Abstract
To the effect this research is subject to be menganalisasi and tests empirik s ala: 1) if professional teacher influentialing to schooled education managements, 2) if ascendant curriculum to schooled education managements, 3) if yielding learned influential to schooled education managements, 4) if professional teacher influentialing to education qualities, 5) if ascendant curriculum to education qualities, 6) if yielding learned influential to education qualities, and 7) what is influential schooled education management to education quality. Observational method that is utilized is format design affiliate approaching ( mixing approach ), which is supported quantitative approaching by qualitatif s approaching as minor approaching. Observational location on 20 Regencies/City that exist on Papua Province region with division as follows: 1) Regencies/Cities at Province upstate Papuan, namely: Jayapura city, Jayapura regency, Keerom regency, Sarmi regency, Supiori regency, Fertile regency, Nabire regency, Yapen regency, and Waropen Regency, 2) Regencies/Cities at Papua Province middle part, namely: Jayawijaya regency, Paniai regency, Mimika regency, Tolikara regency, Pegunungan Bintang regency, Puncak Jaya regency, and Yahukimo regency, and 3) Regency/City at austral Papua Province, namely: Merauke regency, Asmat regency, Boven Digoel regency, and Mappi Regency. Result observationaling to point out that: 1) marks sense kausal s relationships among teachers professional factor, curriculum, learned result, education management to education quality, 2) schooled education managements constitute education quality determinants, but then also so prescribed by professional teacher, curriculum, and tall studying result. If education management corresponds to that expected deep its management therefore good education quality will be reached conversely.
Item Type: | Thesis (Doctor) |
---|---|
Identification Number: | DES/370.68/IND/m/061204562 |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 370.6 Organizations (Associations) |
Divisions: | S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 15 Jan 2013 14:40 |
Last Modified: | 15 Jan 2013 14:40 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160988 |
Actions (login required)
View Item |