Analisis Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat melalui Pendekatan Perencanaan Partisipatif di Kabupaten Bima

Ridwan (2012) Analisis Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat melalui Pendekatan Perencanaan Partisipatif di Kabupaten Bima. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tuntutan reformasi di segala bidang kehidupan bernegara semakin mendapatkan perhatian seluruh penyelenggaraan Negara. Dalam waktu yang relatif singkat telah terjadi beberapa perubahan perundangan dalam pemerintahan. Berlakunya Undang-undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan Undang-undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional, berdampak pada perubahan paradigma dalam penyelenggaraan pemerintahan dan kebijakan pembangunan. Berdasarkan latar belakang dan permasalahan maka penelitian ditujukan untuk : (1) Menganalisis kualitas musrenbang dari aspek masukan (input) kelembagaan, kepesertaan dan materi pelaksanaan maupun out put (hasil); (2) Menganalisis dinamika, interaksi dan interelasi antara pihak/aktor dalam pelaksananan musrenbang; (3) Menganalisis tarik menarik kekuatan kepentingan dari perspektif ekonomi; dan (4) Menganalisis kinerja pembangunan berdasarkan rencana pembangunan yang telah dirumuskan secara partisipatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan metode penelitian kualitatif. Perubahan paradigma pembangunan dari top down menjadi bottom up adalah upaya untuk lebih mengarahkan seluruh dimensi kebijakan pembangunan sesuai kebutuhan masyarakat. Hal ini sesuai dengan perubahan semangat birokrasi serta pelaksanaan pelayanan kepada masyarakat sehingga dapat mencapai sasaran dan tujuan pembangunan yang betul-betul diinginkan oleh masyarakat. Musrenbangdes yang banyak dilakukan di desa-desa dalam prakteknya lebih banyak diselenggarakan untuk melayani kepentingan musrenbang Kecamatan dan Kabupaten. Ketika program-program pembangunan yang telah didanai, pada tahap implementasinya ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan dipaksakan tetap berjalan, dalam keadaan seperti itu dapat menimbulkan rendahnya respon dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan terhadap program karena tidak menjawab permasalahan dan kebutuhan masyarakat.

English Abstract

The demand of a national reform has been discussed widely in the national context. Some modifications are occurred immediately in the government legislation. Law No. 32 of 2004 on Local Government and Law No.25 of 2004 on National Development Planning System give a great impact on the paradigm change in the government and development policy. Research is conducted at Bima District. The objectives of research are: (1) to analyze the quality of Musrenbang based on the input, membership and material of implementation, and output; (2) to analyze the dynamic, interaction and interrelation among actors/parties in the Musrenbang; (3) to analyze the strength of interest which is pulling to each other under economic perspective; and (4) to analyze the performance of development based on the participative development plan. Research method is case study with qualitative method. The changing development paradigm from top down to bottom up is a kind of process to direct all development policy dimensions to be based on public demand. It is compatible with the enthusiasm of bureaucracy to facilitate the public service and to achieve the development goals and objectives as people want. Musrenbangdes is usually organized in the villages. However, the practice is more concerned with the satisfaction of the interest of Subdistrict and District. When the development programs are financed, the implementation stage is apparently not matching with the public demand, and even this stage is forced to be operated. Therefore, it results in the lower response and participation of the public. The development seems failed to solve the problem and demand of the public.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/361.6/RID/a/061201718
Subjects: 300 Social sciences > 361 Social problems and services > 361.6 Governmental action
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 06 Sep 2012 13:56
Last Modified: 06 Sep 2012 13:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160968
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item