Konstruksi Pengelolaan Keuangan Daerah Berbasis Marhaenisme (Studi Pada Pemerintahan Kota Batu Dan Kota Surakarta)

Bararoh, Tantri (2013) Konstruksi Pengelolaan Keuangan Daerah Berbasis Marhaenisme (Studi Pada Pemerintahan Kota Batu Dan Kota Surakarta). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkonstruksi pengelolaan keuangan di pemerintahan daerah. Alasan perlu dikonstruksi karena pengelolaan keuangan daerah saat ini sangat kental dengan nilai kapitalisme, imperialisme, kolonialisme, dan feodalisme (KIKF). Untuk menuju pengelolaan keuangan daerah bernafaskan Marhaenisme maka perlu memperbaiki mind set institusi politik dan sistem pengelolaan keuangan. Perbaikan pada mind set dan sistem pengelolaan keuangan daerah yang berbasiskan Marhaenisme `wong cilik` dengan menginternalisasikan nilai-nilai Marhaen yaitu kejujuran, kemandirian, gotong royong, ketuhanan, dan keadilan. Penelitian ini menggunakan metodologi marhaenisme untuk mengkonstruksi pengelolaan keuangan daerah di pemerintahan daerah. Sementara marhaenisme digunakan sebagai metodologi ketika tiap elemen dari bewust bekerja sendiri-sendiri. Sosial bewust digunakan untuk menjustifikasi pemahaman kesadaran berdasarkan pengalaman mereka. Demokrasi bewust digunakan untuk menginternalisasi nilai-nilai yang dihasilkan dari proses sosial bewust. Melalui proses sosial bewust (SB) dan demokrasi Bewust (DB) menghasilkan konstruksi pengelolaan keuangan daerah berbasis marhaenisme. Hasil konstruksi menunjukkan bahwa tujuan pengelolaan keuangan daerah harus diubah, tidak hanya masyarakat sebagai penonton dan pengusaha hanya sebagai investasi saja tetapi juga dilibatkan dalam proses pengelolaan keuangan daerah dengan sistem perwakilan organisasi di masyarakat. Ditinjau dari institusi politik (pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah) sebaiknya memahami marhaenisme dan mengenalkan pengaruh dari pengelolaan keuangan daerah terhadap masyarakat maupun pengusaha. Secara keseluruhan keempat aktor baik birokrat, politisi, pengusaha, maupun masyarakat diajari untuk berfikir kritis sehingga tidak menjadi orang yang pragmatis tetapi lebih futuristik.

English Abstract

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/352.421 4/BAR/k/061402098
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.4 Financial administration and budgets
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Apr 2014 09:07
Last Modified: 29 Apr 2014 09:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160949
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item