Hubungan Keagenan Pemerintahan Daerah dalam Konteks Anggaran: Sebuah Agenda Rekonstruksi

Damayanti, RatnaAyu (2010) Hubungan Keagenan Pemerintahan Daerah dalam Konteks Anggaran: Sebuah Agenda Rekonstruksi. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan studi ini adalah menganalisa hubungan keagenan eksekutif dan legislatif pada pemerintah daerah Jembrana selama tiga periode (yaitu era orde baru, era reformasi dan era eforia reformasi), dan pemerintah desa adat Bali. Selain itu, studi ini juga bertujuan untuk menggali instrumen-instrumen yang digunakan oleh desa adat dalam mengurangi perbedaan kepentingan dan agency loss yang terjadi pada organisasi mereka. Berdasarkan data-data kualitatif yang diperoleh pada desa adat, maka studi ini akan membangun sebuah konsep keagenan yang lebih sesuai dengan organisasi pemerintahan. Metoda yang digunakan untuk mendekati studi ini adalah model Derrida dalam mengangkat kearifan nilai-nilai budaya lokal atau model-model yang terpinggirkan lainnya. Paradigma ini menerima, menyandingkan atau mensinergikan segala pemikiran yang ada, sehingga tidak ada satupun pengertian, teks atau ideologi yang mapan. Menurut metoda ini semua berkembang bagaikan air mengalir mengikuti wadah atau arus peristiwa di lapangan. Artinya, karakter pendekatan yang digunakan tidak terstruktur, tidak berbentuk, tidak formal dan bukan sesuatu yang mutlak. Studi ini, kemudian, menggunakan etnografi sebagai strategi menggali dan memetakan kearifan nilai-nilai lokal. Temuan studi ini dapat dirangkum sebagai berikut: Dari ketiga era tersebut tampak bahwa kapitalisme dan self-interest telah mendominasi hubungan keagenan di dunia pemerintahan, kapitalisme adalah bidang buatan di mana pasar menggantikan kehidupan, dan komunitas manusia yang bernafas menjadi objek dan bukan subjek. Studi ini, kemudian, mencari alternatif lain di luar itu dengan mengangkat kearifan lokal, yang selanjutnya memberikan kontribusi dalam konstruksi pola hubungan keagenan yang yadnya (ikhlas, seimbang) dan bentuk kompensasi berupa olihan-olihan di mana rakyat menentukan apa yang seharusnya diterima oleh agen.

English Abstract

The objectives of this study are to analyze the agency relationship between executive and legislative in Jembrana local government during the three period (e.g. new era, reform era, and euphoria reform era), and desa adat in Bali. This study also analyzes the instrument used by the desa adat Bali in reducing conflict of interest and agency loss. Based on the information in desa adat Bali, the study aims at constructing a concept of agency to accommodate the agency relationship in the local government which is suitable for its organization. The method to approach to the study considers the Derrida Model to emphasize the wisdom of local culture values, or also the other isolated models. The paradigm accepts, compares, or synergizes all thoughts, and therefore, neither of definitions, texts nor ideologies appears established. All of these grow like the flowing water to follow the batch or the event flow in the field. It means that the character of the approach does not have absolute structure, form, and formality. The study, hence, utilizes ethnography as a strategy to explore and to map the local value wisdom. These findings facilitate the author to walk into conclusions. Capitalism will be the artificial field where the market must replace the life. The breathing human community becomes merely an object, not subject. The study, then, looks for other alternative outside this consideration by promoting the local wisdom. Such effort really contributes to the construction of yadnya (sincere, balanced) agency relationship pattern and of compensation forms, like olihan-olihan , in which the citizen determines the proportion accepted by the agent.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/352.4/DAM/h/061002547
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.4 Financial administration and budgets
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 18 Jan 2011 11:33
Last Modified: 25 Sep 2023 07:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160946
[thumbnail of 061002547.pdf] Text
061002547.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item