Baheri (2011) Pengaruh Nilai-Nilai Islam terhadap Performance Usaha Mikro melalui Entrepreneurship (Studi di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan membuktikan secara empiris : (1) Besarnya pengaruh nilai-nilai islam (aqidah, ibadah, mu`amalat) terhadap kewirausahaan ( entrepreneurship ); (2) Besarnya pengaruh kewirausahaan ( entrepreneurship ) terhadap kinerja ( performance ) usaha mikro; dan (3) Besarnya pengaruh nilai-nilai Islam (aqidah, ibadah, mu`amalat) terhadap kinerja ( performance) usaha mikro. Populasi penelitian ini adalah seluruh pengusaha mikro yang berdomisili di Kota Kendari dengan jumlah 3.991 pengusaha. Sampel penelitian 200 responden, pengambilan sampel dilakukan dengan cara classified simple random sampling. Analisis data penelitian adalah analisis kuantitatif dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) yang dieksekusi dengan Partial Least Square ( PLS ). Temuan penelitian ini menunjukkan: (1) Variabel nilai-nilai Islam berpengaruh signifikan terhadap kewirausahaan Islami. Di antara sub variabel inlai-nilai Islam, ditemukan sub variabel aqidah yang memiliki nilai skor rerata tertinggi dibanding sub variabel lainnya. Hal ini berarti bahwa variabel aqidah memberikan kontribusi cukup tinggi dalam pembentukan nilai-nilai Islam. (2) Variabel kewirausahaan ( entrepreneurship) Islami berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja usaha mikro. Hal ini bermakna bahwa semakin baik kemampuan entrepreneurship tidak diikuti dengan tingkat kinerja usah mikro yang semakin baik (3) Variabel nilai-nilai Islam berpengaruh signifikan terhadap kinerja usaha. temuan ini berarti bahwa, pemahaman dan implementasi nilai-nilai Islam yang baik di Kota Kendari cenderung meningkatkan knerja ( performance ) usaha mikro. Penelitian selanjutnya diharapkan melakukan kajian ulang terkait dengan nilai-nilai Islam, entrepreneurship dan kinerja usaha mikro dan perlu mengeksploitasi lebih dalam lagi, sehingga dapat menguji kembali temuan empiris peneliatian ini. Selain itu, perlu melakukan penelitian lanjutan terkait pengaruh entrepreneurship Islami terhadap kinerja usaha dengan menambahkan variabel lain atau variabel antara yang diperkirakan berpengaruh signifikan terhadap variabel kinerja usaha.
English Abstract
This research aims to test and prove empirically the following: (1) the impact of Islamic value (aqidah, ibadah, mu`amalat) on entrepreneurship, (2) the impact of entrepreneurship on the performance of micro business, and (3) the impact of Islamic values (aqidah, ibadah and mu`amalat) on performance of the micro business. The population of this research is all micro businesses in the municipality of Kendari, amounting to 3,991 entrepreneurs. The sample of research is 200 respondents and sample was taken with classified simple random sampling method. Data was analyzed with quantitative analysis using Structural Equation Modeling (SEM) which is executed by Partial Least Squares (PLS). The findings of this research shows that: (1) Islamic values have significatn impact on Islamic entrepreneurship. Among the sub-variables of Islamic values, the sub-variable of aqidah has the highest score among other sub-variables. This would mean that the aqidah variable gave high contribution for the formation of Islamic values; (2) Islamic entrepreneurship does not have significant impact on the performance of micro businesses. This means that improvement in the entrepreneurship is not followed by better performance of the micro businesses; (3) the variable of Islamic values has significant impact on the performance of business. This means that the understanding and implementation of good Islamic value in the municipality of Kendari tends to improve the performance of micro businesses. Further studies are expected to review the Islamic value, entrepreneurship and micro business performance and should explore further by retesting the empirical findings of this research. Further studies are also expected for to be carried out for the impact of Islamic entrepreneurship on business performance by adding new variables or mediating variables which are expected to have significant impact on the business performance variable.
Item Type: | Thesis (Doctor) |
---|---|
Identification Number: | DES/338.642/BAH/p/061200004 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.6 Organization of production |
Divisions: | S2/S3 > Doktor Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 06 Sep 2012 13:33 |
Last Modified: | 06 Sep 2012 13:33 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160805 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |