Ronsumbre, Josephus (2012) Analisis Produk Wisata, Bauran Pemasaran, Kualitas Layanan, Kondisi Lingkungan dan Kepuasan Pelanggan serta Pengaruhnya terhadap Loyalitas Wisatawan (Studi pada Kawasan Wisata Biak Numfor Provinsi Pap. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: mengkaji dan menganalisis pengaruh produk wisata terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan; mengkaji dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan; Mengkaji dan menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan; mengkaji dan menganalisis pengaruh kondisi lingkungan terhadap kepuasan dan loyalitas wisatawan; mengkaji dan menganalisis pengaruh kepuasan terhadap loyalitas wisatawan. Responden penelitian ini adalah wisatawan mancanegara yang berjumlah 153 responden dan wisatawan nusantara yang berjumlah 150 responden dan 4 orang informan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah SEM ( Structural Equation Model ) dengan menggunakan program AMOS ( Analysis Moment Structures ). Hasil penelitian untuk wisatawan mancanegara menunjukkan bahwa kepuasan sebagai variable mediator antara produk wisata dan kondisi lingkungan terhadap loyalitas wisatawan. Hasil penelitian untuk wisatawan nusantara menunjukkan bahwa kepuasan sebagai variable mediator kondisi lingkungan dengan loyalitas. Kepuasan memiliki peranan yang strategis bagi variable produk wisata dan kondisi lingkungan guna menghasilkan loyalitas wisatawan.
English Abstract
The objectives of this research is to: review and analyze the influence of tourism products to satisfaction and tourists` loyalty; review and analyze the influence of the marketing mix of satisfaction and tourists` loyalty; review and analyze the influence of service quality to satisfaction and tourists` loyalty; review and analyze the influence of environmental conditions to satisfaction and tourists` loyalty; and to review and analyze the influence of satisfaction with tourists` loyalty. The number of the research respondents are 153 foreign tourists, 150 domestic tourists and 4 informants. The instruments used in this study is a questionnaire. The analysis method used is SEM (Structural Equation Model) using the program AMOS (Analysis Moment Structures). The results gained from studying foreign tourists` show that satisfaction as a mediator variable between the environmental conditions and the tourism product and tourists` loyalty. The results obtained from domestic tourists show that satisfaction functions as a mediator variable environmental conditions and the tourists` loyalty. Satisfaction has a strategic role for the variables of tourism and environmental conditions and to promote tourists` loyalty.
Item Type: | Thesis (Doctor) |
---|---|
Identification Number: | DES/338.47/RON/a/061205661 |
Subjects: | 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services |
Divisions: | S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 28 Jan 2013 09:29 |
Last Modified: | 28 Jan 2013 09:29 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160794 |
Actions (login required)
View Item |