Yuliani (2013) Diversifikasi, Investment Opportunity Set, Dinamika Lingkungan dan Nilai Perusahaan (Studi Empiris Sektor Manufaktur di Bursa Efek Indonesia). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Diversifikasi merupakan pilihan strategis yang berimplikasi jangka panjang. Beberapa teori fundamental diversifikasi perspektif Montgomery (1994) meliputi Market Power View , Resources Based View , Internal Transaction Cost dan Agency Theory memandang sebagai sumber penciptaan nilai perusahaan. Kesenjangan hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat ketidakjelasan konsistensi diversifikasi dalam penciptaan nilai perusahaan. Mengoperasionalkan Investment Opportunity Set (IOS) dengan menganalisa lingkungan industri diharapkan dapat memberikan penjelasan terhadap kesenjangan pengaruh diversifikasi terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh diversifikasi terhadap nilai perusahaan, peran variabel IOS sebagai mediasi pengaruh diversifikasi terhadap nilai perusahaan dan variabel dinamika lingkungan sebagai moderasi pengaruh IOS terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini dilakukan pada sektor manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan periode pengamatan 2006-2010. Berdasarkan kriteria populasi yang ditetapkan maka metode pengambilan sampel adalah sampel jenuh atau sensus. Jumlah perusahaan yang dianalisis sebanyak 18 perusahaan. Metode analisa data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) berbasis variance yaitu Smart PLS Ver 2.0 M3. Temuan penelitian adalah luasnya perusahaan sektor manufaktur di Indonesia dalam menganekaragamkan usaha ke dalam beberapa bisnis maka nilai perusahaan semakin meningkat. Nilai perusahaan sektor manufaktur semakin mengalami peningkatan karena kemampuan memilih jenis investasi yang tepat, sehingga peran IOS mampu menjadi intervening dalam peningkatan nilai perusahaan. Kemampuan dalam memilih jenis investasi yang dilaksanakan perusahaan sektor manufaktur tidak didistorsi oleh kondisi lingkungan industri yang bergejolak. Sehingga interaksi IOS*dinamika lingkungan tidak menjadi moderating dalam penelitian ini. Implikasi teoritis dalam penelitian ini adalah memberikan bukti empiris terhadap teori fundamental diversifikasi, tetapi tidak sepenuhnya dapat membuktikan perspektif tentang Resources Based View . Studi ini merekomendasikan kepada praktisi bahwa manajemen harus mampu meningkatkan market share dan pertumbuhan perusahaan sehingga mampu memberikan sinyal positif kepada calon investor.
English Abstract
Diversification is a strategic choice with long-term implication on the subject matter. There are diverse fundamental theories proposed by Montgomery (1994) which discuss diversification, namely Market Power View, Resources Based View, Internal Transaction Cost, and Agency Theory. The results of some researches show that there are different perspectives on the significance of diversification on company value. Involving factors as Investment Opportunity Set (IOS) and environmental dynamics is expected to be the answer for diverse opinions on the role of diversification. This research aims at describing and analyzing the role of diversification on company value, the function of IOS as a mediating factor of diversification on company value, and the significance of environmental dynamics as a mediating factor of IOS on company value. This research was conducted in manufacturing sector of Indonesian Stock Exchange in 2006-2010. Based on the criteria of the defined population, the sampling method applied in this research is saturation sampling, as known as census. The number of sample for this research is eighteen (18) companies, while the most appropriate analysis method to be used is Smart PLS Ver 2.0 M3. The result of this research shows that business diversification gives significant influence on the level of the company value. Company value increases due to the role of IOS as the partial intervening factor, while the interplay between IOS and environmental dynamics is not a significant influence. Theoretically, this research is in line with fundamental diversification theory, but is not in the same stream with Resources Based View. The researcher gives strong recommendation for company to increase the market share and business growth to attract more prospective investors.
Item Type: | Thesis (Doctor) |
---|---|
Identification Number: | DES/332.6/YUL/d/061301383 |
Subjects: | 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.6 Investment |
Divisions: | S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 16 Apr 2013 13:51 |
Last Modified: | 16 Apr 2013 13:51 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160744 |
Actions (login required)
View Item |