Analisis Strategi Pemasaran Bank Syariah dengan Perspektif Keunggulan Bersaing (Studi pada PT. Bank Muamalat Indonesia tbk. Kantor Pusat Jakarta).

Solichun (2012) Analisis Strategi Pemasaran Bank Syariah dengan Perspektif Keunggulan Bersaing (Studi pada PT. Bank Muamalat Indonesia tbk. Kantor Pusat Jakarta). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini merupakan suatu rangkaian kegiatan untuk memperoleh informasi bagi pemecahan suatu masalah secara sistematik dan obyektif. Hasrat keingintahuan tersebut penulis tuangkan dalam bentuk pertanyaan yang memerlukan jawaban. Tujuan umum penelitian ini adalah mengembangkan konsep kinerja bagi bank Muamalat dengan melalui persepsi nasabah bank, di Bank Muamalat Indonesia di Jakarta. PT Bank Muamalat Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa perbankan syariah. Perusahaan sebagai pelaku bisnis harus mampu menghadapi perubahan dan perkembangan yang ada baik dalam bidang teknologi maupun sosial. Dalam menghadapi perkembangan yang semakin pesat, sumber daya manusia yang berkualitas akan menjadi kekuatan bagi perusahaan untuk bertahan hidup. Metode yang dilakukan adalah kualitatif menggunakan pisau analis fenomenologi, dengan fokus penelitian bagaimana Strategi pemasaran Bank Muamalat Indonesia apakah didasari oleh syariah agama islam atau dengan peningkatan Strategi pemasaran? Berdasarkan analisa data dari pengalaman-pengalaman dari para nasabah bank dengan metode fenomenologi ini, peneliti mengungkap 10 tema utama yang diartikulasikan oleh para informan dalam penelitian ini, yaitu (a) terhindar dari riba, (b) kenyamanan, (c) bercita-cita luhur; (d) keseimbangan; (e) pengawasan, (f) transparansi, (g) akuntabilitas, (h) Responsibilitas, (i) profesional, (j) kewajaran. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Strategi pemasaran Bank Muamalat harus benar-benar menggunakan syariat agama islam yaitu terhindar dari riba, kenyamanan, bercita-cita luhur, keseimbangan dan pengawasan. Selain harus berdasarkan agama, nasabah juga mengharapkan agar Bank Muamalat meningkatkan kualitas pelayanan yaitu transparansi, akuntabilitas, Responsibilitas, profesional, kewajaran.

English Abstract

This research is an activity network to obtain information for the breakdown of a problem in a systematic and objective way. Intention of the writers pour curiosity in the form of questions that need answers. The general objective of this research is to develop the concept for the performance of the bank Muamalat through the perception of bank customers, the Bank Muamalat Indonesia in Jakarta. PT Muamalat Indonesia is a company engaged in Islamic banking services. Company as a business should be able to deal with changes and developments that exist both in the field of technological and social. In the face of the increasingly rapid development, quality human resources will be a force for companies to survive. Conducted a qualitative method is to use a knife analyst phenomenology, with a focus on how marketing strategy Muamalat Indonesia is based on share, with Islamic religion or marketing strategy? Based on the analysis of data from the experiences of the customers bank with phenomenology method, the researchers revealed 10 major themes diartikkulasikan by the informants in this study, namely (a) avoid usury, (b) comfort, (c) aspire to lofty (d) balance, (e) supervision, (f), Transfaran, (g), akuntability(h) responsiveness, (i) profesional. Research results show that the motivation of people to be customers of Bank Muamalat should really use the Shari a Islamic religion that is protected from usury, comfort, aspiring noble, balance and control. In addition to be based on religion, customers also expect that the Bank Muamalat improve the that is transfarancy, akuntability, profesional,.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/332.106 88/SOL/a/061400986
Subjects: 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.1 Banks
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 29 Apr 2014 08:23
Last Modified: 15 Oct 2024 02:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160730
[thumbnail of SOLICHUN.pdf] Text
SOLICHUN.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item