Meutia, Inten (2010) Shari’ah Enterprise Theory sebagai Dasar Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Bank Syariah. Doktor thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan konsep, karakteristik dan item dari pengungkapan tanggungjawab sosial bagi bank syariah yang memiliki nilai material dan spiritual serta berpihak pada semua stakeholders. Penelitian ini dilakukan berbasiskan pada paradigma kritis dengan menggunakan Teori Komunikasi Aksi Habe r mas dalam memahami realitas sosial. Teori Komunikasi Aksi Habermas yang digunakan adalah teori yang telah diperluas dengan spiritualitas. Selain itu penelitian ini menggunakan Shari`ah Enterprise Theory untuk menganalisis dan memperoleh konsep pengungkapan tanggungjawab sosial bagi bank syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam mengumpulkan dan menganalisis data. Analisis dilakukan terhadap laporan tahunan dari tiga bank syariah di Indonesia yaitu Bank Syariah Mega, Bank Syariah Mandiri dan Bank Muamalat Indonesia. Selain itu analisis juga dilakukan atas hasil wawancara dengan stakeholders yang terdiri dari direct dan indirect stakeholders . Sebagai hasil dari analisis atas kepentingan stakeholders , penelitian ini menemukan nilai-nilai spiritual yaitu berbagi, rahmatan lil alamin dan maslah a. Nilai-nilai ini digunakan sebagai panduan dalam mengembangkan item-item pengungkapan tangggungjawab sosial. Selanjutnya suatu konsep pengungkapan tanggungjawab diturunkan berdasarkan Shari`ah Enterprise Theory. Pada akhirnya penelitian ini mengajukan bentuk pengungkapan tanggungjawab sosial bagi bank syariah yang menunjukkan upaya untuk memenuhi akuntabilitas vertikal terhadap Tuhan, serta akuntabilitas horizontal terhadap manusia dan lingkungan, mempertimbangkan kebutuhan material dan spiritual stakeholders serta mengungkapkan informasi baik kualitatif maupun kuantitatif.
English Abstract
This research aims to develop the concepts, characteristics and items of social responsibility disclosures to the Islamic bank that have the material and spiritual values and impartial to all stakeholders. The study was conducted based on the critical paradigm by using Habermas s Theory of Communication Action in understanding social reality. Habermas s Communication Theory of Action that is used is a theory that has been extended with spirituality. In addition this study used the Shari ah Enterprise Theory to analyze and obtain the concept of social responsibility disclosure to the Islamic bank. This study used a qualitative approach in gathering and analyzing data. Analysis was conducted on annual reports of three Islamic banks in Indonesia, Bank Syariah Mega, Bank Syariah Mandiri and Bank Muamalat Indonesia. In addition the analysis was also performed on the results of interviews with stakeholders, which consists of direct and indirect stakeholders. As a result of the analysis of stakeholders interests, this study found the spiritual values those are sharing, rahmatan lil alamin and maslaha. These values are used as a guide in developing the items of social responsibility disclosures. Furthermore, the concept of social responsibility disclosure is derived based on the Shari ah Enterprise Theory. Finally, this study offers a form of social responsibility disclosure for Islamic bank which shows the effort to meet the vertical accountability to God, and horizontal accountability to humans and the environment, considering the material and spiritual needs of stakeholders and disclose information both qualitatively and quantitatively .
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Identification Number: | DES/332.1/MEU/s/061001617 |
Subjects: | 300 Social sciences > 332 Financial economics > 332.1 Banks |
Divisions: | S2/S3 > Doktor Ilmu Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis |
Depositing User: | Endro Setyobudi |
Date Deposited: | 18 Jan 2011 10:57 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 06:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160722 |
Text
INTEN MEUTIA.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |