Pengaruh Sektor Industri, Sosial Ekonomi Masyarakat, Proses Pembelajaran Terhadap Mutu Lulusan Satuan Pendidikan (Studi Pada Sekolah Menengah Kejuruan Di Kabupaten Dan Kota Jayapura).

Betaubun, RobertJohan (2014) Pengaruh Sektor Industri, Sosial Ekonomi Masyarakat, Proses Pembelajaran Terhadap Mutu Lulusan Satuan Pendidikan (Studi Pada Sekolah Menengah Kejuruan Di Kabupaten Dan Kota Jayapura). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis secara empirik: (1) proses pembelajaran sebagai mediasi pengaruh peranan sektor industri terhadap mutu lulusan, (2) pengaruh peranan sektor industri terhadap proses pembelajaran, (3) peran proses pembelajaran sebagai mediasi pengaruh dukungan sosial ekonomi masyarakat terhadap mutu lulusan, (4) pengaruh dukungan sosial ekonomi masyarakat terhadap proses pembelajaran, dan (5) pengaruh proses pembelajaran terhadap mutu lulusan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode survei, dengan pendekatan explanatory research dengan pengumpulan data dilakukan dalam satu tahap (one short study) atau secara cross section. Penelitian ini dimaksudkan untuk menguji hubungan kausal antara variabel sektor industri dan sosial ekonomi masyarakat sebagai variabel independen, mutu lulusan sebagai variabel dependen yang dimediasi oleh variabel proses pembelajaran. Analisis yang digunakan, yakni Generalized Structured Component Analysis (GeSCA). Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Akademik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada wilayah Kabupaten/Kota Jayapura sebanyak 40 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) semakin baik peranan sektor industri, akan mampu meningkatkan mutu lulusan yang dimediasi oleh proses pembelajaran memberikan pengaruh positif dan signifikan berdasarkan pelatihan instruktur, meningkatkan prestasi akademik siswa dalam sistim pendidikan, (2) semakin baik peranan sektor industri akan semakin meningkat proses pembelajaran memberikan pengaruh positif dan signifikan berdasarkan keunggulan sistem pendidikan komperatif melalui pelatihan instruktur, (3) Dukungan social ekonomi masyarakat tidak berpengaruh terhadap peningkatan mutu lulusan, berdasarkan kesadaran masyarakat bersikap, pasif dalam menunjang sistem pendidikan berfokus pada orientasi prestasi pendidikan, (4) semakin baik dukungan sosial ekonomi masyarakat akan semakin meningkat proses pembelajaran memberikan pengaruh positif dan signifikan berdasarkan kesadaran masyarakat dalam sistem pendidikan melalui manajemen sekolah, (5) semakin meningkat proses pembelajaran akan semakin tinggi mutu lulusan memberikan pengaruh positif dan signifikan berdasarkan sistem pendidikan secara spesialisasi untuk meningkatkan prestasi pendidikan.

English Abstract

This research aims at conducting an empirical analysis on: (1) learning process as the mediation of the effect of industrial sector on the quality of an education unit`s graduates; (2) the effect of industrial sector on learning process; (3) the role of learning process in mediating the effect of society`s socio-economic support on the quality of an education unit`s graduates; (4) the effect of society`s socio-economic support on learning process; and (5) the effect of learning process on the quality of education unit`s graduates. This research is a survey through questionnaires. and exasing used explanatory research approach. The data collection was conducted in one phase (one short study) using cross-section technique. This research investigated the causal relationships between industrial sector and society`s socio-economic condition as the independent variables and quality of an education unit`s graduates as the dependent variable, with learning process as the mediating variable. The data analysis was conducted using Generalized Structured Component Analysis (GeSCA). The population and samples were 40 Principals and Vice Principals of Academic Affairs of Vocational Senior High Schools in the Regency/ City of Jayapura. The findings of this study show that (1) based on the results of instructor trainings on improving students` academic achievements in the academic system, industrial sector has a positive and significant effect on the quality of education unit`s graduates which is mediated by learning process; (2) based on the strengths of cooperative learning system through instructor trainings, industrial sector has a positive and significant effect on the learning process; (3) the society`s socio-economic condition has a not effect on the quality of education unit`s graduates due to the society`s passiveness in supporting the educational system focusing on academic achievement orientation; (4) based on the society`s awareness of educational system through the school managements, the society`s socio-economic condition has a positive and significant effect on the learning process; and (5) based on the educational system specializing in improving the quality of academic achievement, learning process has a positive and significant effect on the quality of education unit`s graduates.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/331.702 33/BET/p/061500011
Subjects: 300 Social sciences > 331 Labor economics > 331.7 Labor by industry and occupation
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 13 Apr 2015 15:29
Last Modified: 13 Apr 2015 15:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160710
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item