Analisis Keputusan Migrasi dan Tingkat Ekonomi-Sosial Tenaga Kerja Wanita yang Bermigrasi ke Saudi Arabia (Studi Kasus pada Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat)

Fadliyanti, Luluk (2013) Analisis Keputusan Migrasi dan Tingkat Ekonomi-Sosial Tenaga Kerja Wanita yang Bermigrasi ke Saudi Arabia (Studi Kasus pada Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor keputusan berangkat menjadi TKW migran, tingkat ekonomi yang dilihat dari alokasi pendapatan keluarga dari remiten yang dikirim serta faktor-faktor yang mempengaruhinya, dan juga menganalisis tingkat kesehatan dan pendidikan anak dari TKW migran tersebut ekonomi-sosial keluarga TKW yang bermigrasi ke Saudi Arabia. Dengan menggunakan metode campuran model Penjelasan Berurutan ( Sequential Explanatory) untuk menganalisis data penelitian dengan menggunakan alat analisis Probit, Seemingly Unrelated Regression (SUR) dan Ordinary Least Square (OLS) untuk analisis kuantitatif dan didukung dengan wawancara mendalam dan Focus Group Discussion (FGD) untuk mendukung dan memperluas hasil analisis kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah tenaga kerja wanita migran yang sudah kembali ke daerah asal dan tenaga kerja wanita non-migran di Kabupaten Lombok Timur, yang dipilih sebanyak 5 kecamatan yang mewakili 20 kecamatan yang ada di Kabupaten tersebut, dalam setiap kecamatan diambil sampel 2-3 desa. Jumlah responden adalah 100 orang TKW migran dan 100 orang TKW non migran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keberangkatan TKW migran adalah usia TKW, jumlah tanggungan keluarga, jaringan kekerabatan antara TKW sebelumnya dan adanya rasa gengsi. Tingkat ekonomi yang dilihat dari alokasi pendapatan dari remitan yang dikirim oleh TKW migran menunjukkan bahwa alokasi pendapatan tersebut digunakan untuk pengeluaran makanan yang berpengaruh terhadap jumlah tanggungan keluarga, kebutuhan rumah tangga yang berpengaruh terhadap anak usia 0-5 tahun, pendidikan yang berpengaruh terhadap usia anak 6-18 tahun, kesehatan yang berpengaruh terhadap jumlah tanggungan keluarga dan anak usia 0-5 tahun serta pendapatan digunakan untuk membayar hutang. Sedangkan faktor yang mempengaruhi tingkat kesehatan dan pendidikan anak adalah usia anak. Ditemukan bahwa tingkat kesehatan anak dari TKW migran mempunyai gizi yang lebih baik dibandingkan dengan anak dari TKW non migran. Sedangkan untuk tingkat pendidikan anak dari TKW migran dan non migran mempunyai jenjang pendidikan yang sama di sekolah. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini bahwa dengan menjadi TKW migran maka kondisi ekonomi keluarga meningkat.

English Abstract

The purpose of this study was to analyze decision factor of family to become a migrant worker, economic levels which have determined by family income, remittances sent and factors that influence it. It also to analyze health and education level of migrant workers children. The research method used were mixed methods of Sequential Explanatory which is to analyze data by using Probit analysis; Seemingly Unrelated Regression and Ordinary Least Square ( OLS ) which is to quantitative analysis and supported by in-depth interviews and a Focus Group Discussion ( FGD ) to support and extend the results of quantitative analysis. The research population was female migrant workers who have returned home and non migrant workers in East Lombok, which was selected from 5 districts representing 20 districts in the regency. In every districts, samples were taken from 2-3 villages. The number of respondents was 100 of migrant workers and 100 of non migrant workers. The results showed that the factors that influenced the migrant workers decision to go to Saudi Arabia were migrant workers age, number of dependents, family networking between previous migrant workers and a sense of pride. The economic level that was determined from income allocation and remittances sent by migrant maids showed that the allocation of the income was used for food expenditures that affect the number of dependents , household needs that affect children aged 0-5 years, educational effect on children age 6 -18 years , affecting the health of families and the number of dependent children age 0-5 years and to pay debts. While factors that affect children health and education was the child age. It was found that the level of child migran workers health have a better nutrition than child of non- migrant workers. As for the child education level of migrant workers have the same level with non migrant workers. It can be concluded that the becoming migrant workers improved family`s economic conditions.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/331.544/FAD/a/061400985
Subjects: 300 Social sciences > 331 Labor economics > 331.5 Workers by personal attributes other than age
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Endro Setyobudi
Date Deposited: 16 May 2014 11:09
Last Modified: 16 May 2014 11:09
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160709
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item