Merajut Nilai- Nilai Kearifan Lokal Untuk Membangun Keunggulan Daya Saing Berkelanjutan(Studi Etnografi Pemasaran di Ubud).

Sukawati, TjokordaGdeRaka (2014) Merajut Nilai- Nilai Kearifan Lokal Untuk Membangun Keunggulan Daya Saing Berkelanjutan(Studi Etnografi Pemasaran di Ubud). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali nilai-nilai kearifan lokal yang tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat Bali serta penerapannya dalam sektor pariwisata, khususnya dalam bidang pemasaran pariwisata. Lingkup wilayah penelitian ini terutama adalah kawasan Ubud dan sekitarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi etnografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai kearifan lokal masyarakat selalu menyertai perkembangan kawasan Ubud, sejak lahirnya peradaban sampai menjadi kawasan pariwisata internasional. Nilai-nilai kearifan lokal ini menjadi faktor keunggulan daya saing yang unik dan sulit ditiru. Berkat penerapan nilai-nilai kearifan lokal secara konsisten inilah maka sektor pariwisata di Ubud bisa berkelanjutan sampai saat ini. Secara teoritis penelitian ini telah mampu mengungkap bahwa konsepkonsep pemasaran modern sebenarnya telah ada pada nilai-nilai dan praktik pelaksanaan kearifan lokal. Setiap desa di Bali memiliki nilai-nilai dan pelaksanaan kearifan lokal yang berbeda antara satu desa dengan lainnya. Karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut terhadap nilai-nilai kearifan lokal lainnya di Bali dan juga pelaksanaannya di tempat-tempat lain.

English Abstract

This research aims to dig into local wisdom values that grow and thrive in the midst of the Balinese as well as its application in the tourism sector, in particular in the field of tourism marketing. The scope of this research area especially Ubud district and its surrounding area is. The methods used in this research is the study of Ethnography. The results showed that the values of local wisdom community has always accompanied the development of the area of Ubud since the inception of civilization to become an international tourist area. Local wisdom values is a factor of competitiveness advantage that is unique and difficult to emulate. Thanks to the application of local wisdom values consistently then the tourism sector in Ubud can be sustained until today. Theoretically this research has been able to uncover that modern marketing concepts has actually exists on the values and practices of implementation of local wisdom. Every village in Bali have values and execution of local wisdom is different between one village and another. Therefore, further research is needed to values of other local wisdom in Bali and also their implementation in other places.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DES/305.8/SUK/m/061500013
Subjects:
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Samsul Arifin
Date Deposited: 09 Apr 2015 10:25
Last Modified: 09 Apr 2015 10:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160693
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item