Peran Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Merek Sebagai Mediasi Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek (Studi Empirik pada PT.Semen Indonesia wilayah pemasaran Jawa Timur).

Bahari, Chabib (2015) Peran Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Merek Sebagai Mediasi Pengaruh Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek (Studi Empirik pada PT.Semen Indonesia wilayah pemasaran Jawa Timur). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh; (1) citra merek terhadap loyalitas merek; (2) kepuasan pelanggan sebagai mediasi hubungan antara citra merek terhadap loyalitas merek; (3) kepercayaan merek sebagai mediasi hubungan antara citra merek terhadap loyalitas merek; dan (4) kepercayaan merek sebagai mediasi hubungan antara kepuasan pelanggan terhadap loyalitas merek. Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (explanatory research) dengan populasi penelitian adalah seluruh pedagang/pemilik Toko Pengecer penjual Semen Gresik dalam bentuk kantong/zak, yang memiliki kriteria terdaftar di Departemen Penjualan Semen Gresik dan menjual minimal 1 tahun. Jumlah populasi sasaran adalah 150 pengecer. Kuesioner dikembalikan 140 kuesioner dan yang dapat diolah sejumlah 129 kuesioner yang sekaligus sebagai sampel. Teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan Proportional Stratified Area Sampling. Alat analisis yang digunakan adalah GSCA (Generalized Structured Component Analysis) Hasil penelitiannya adalah: (1) citra merek tidak berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas merek, akan tetapi berpengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas merek melalui kepuasan pelanggan dan kepercayaan merek, (2) kepuasan pelanggan sebagai mediasi dalam hubungannya antara citra merek dan loyalitas merek, (3) kepercayaan merek sebagai mediasi dalam hubungannya antara kepuasan pelanggan dengan loyalitas merek. Kata kunci: citra merek, kepuasan pelanggan, kepercayaan merek dan loyalitas merek

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DIS/658.834 3/BAH/p/2015/061508065
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Nov 2015 15:57
Last Modified: 11 Nov 2015 15:57
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160644
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item