Pengaruh Keakraban Pelanggan Dalam Meningkatkan Komitmen Relasional Dan Intensi Pembeli Ulang (Studi Pada Bank Muamalat Dki Jakarta)

Nora, Lisa (2015) Pengaruh Keakraban Pelanggan Dalam Meningkatkan Komitmen Relasional Dan Intensi Pembeli Ulang (Studi Pada Bank Muamalat Dki Jakarta). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepercayaan, komitmen agama, pengetahuan pelanggan, keakraban pelanggan, komitmen relasional terhadap intensi pembelian ulang. Selain itu dimaksudkan juga untuk mengungkap peran mediasi keakraban pelanggan dan komitmen relasional. Sampel dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Muamalat. Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kriteria sampel yang dipersyaratkan adalah telah melakukan beberapa kali transaksi dan beragama Islam. Jumlah responden yang diperoleh sebanyak 175 nasabah. Model analisis yang digunakan adalah Structural Equation Model dan data diolah menggunakan WrapPLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keakraban pelanggan dan komitmen relasional memiliki pengaruh positif terhadap intensi pembelian ulang. Penelitian ini juga memberikan bukti empiris bahwa keakraban pelanggan dan komitmen relasional berperan dalam memediasi pengaruh kepercayaan terhadap intensi pembelian ulang. Keakraban pelanggan juga memiliki peran dalam memediasi pengaruh komitmen agama dan pengetahuan pelanggan terhadap intensi pembelian ulang. Hal ini mengindikasikan bahwa Bank Muamalat perlu memfokuskan pada keakraban pelanggan. Penelitian ini dilakukan hanya pada nasabah tabungan dan konteks penelitian yang berkaitan dengan keakraban pelanggan seluruhnya mengadopsi konsep barat. Oleh karena terbatasnya kajian teoritis dan empiris yang ada tentang keakraban pelanggan dalam konteks bank syariah, maka studi ini memberikan kontribusi dalam pengembangan anteseden keakraban pelanggan dengan melibatkan komitmen agama sebagai salah satu faktor untuk mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian ulang.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DIS/658.821/NOR/p/2015/061611489
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 19 Apr 2017 10:03
Last Modified: 19 Apr 2017 10:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160640
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item