Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Pelanggan Serta Implikasinya Pada Loyalitas Pelanggan (Survey Pada Pelanggan Produk Elektronik Merek Sharp Di Provins

Halim, Peter (2014) Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan Pelanggan Serta Implikasinya Pada Loyalitas Pelanggan (Survey Pada Pelanggan Produk Elektronik Merek Sharp Di Provins. Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Loyalitas Pelanggan sampai sekarang masih menjadi tema riset yang banyak menjadi perhatian dan menjadi fokus kebijakan pemasaran penting perusahaan. Membentuk loyalitas pelanggan tidaklah mudah dilakukan karena adanya perubahan variabel-variabel yang mempengaruhinya. Variabel yang mempengaruhi loyalitas antara lain kualitas produk, citra merek, kualitas pelayanan dan kepercayaan pelanggan. Dengan menggunakan pendekatan kuantitafif, penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh: 1) Kualitas Produk terhadap Kepercayaan Pelanggan, 2) Citra Merek terhadap Kepercayaan Pelanggan, 3) Kualitas Pelayanan terhadap Kepercayaan Pelanggan,4) Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan, 5) Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan, 6) Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan, 7) Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan, 8) KualitasProduk terhadap Loyalitas Pelanggan secara tidak langsung melalui kepercayaan pelanggan, 9) Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan secara tidak langsung melalui kepercayaan pelanggan, dan 10) Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan secara tidak langsung dipengaruhi oleh kepercayaan pelanggan. Penelitian ini memilih obyek produk elektronik merek Sharp di Kalimantan Selatan, sehingga populasi penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli minimal dua kali produk elektronik Sharp di kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan. Responden penelitian ini ditetapkan sebanyak 200 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Kepada responden terpilih diberikan kuisioner. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menyajikan tabel serta rata-rata nilai variabel, dan dilanjutkan dengan pengujian model struktural dengan GeSCA Hasil penelitian menunjukkan Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Kepercayaan Pelanggan, Citra Merek berpengaruh signifikan terhadap Kepercayaan Pelanggan, Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepercayaan Pelanggan, KualitasProduk berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, Citra Merek berpengaruh tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, Kualitas Pelayanan berpengaruh tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, Kepercayaan Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan, Kualitas Produk berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepercayaan Pelanggan, Citra Merek berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepercayaan Pelanggan, Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepercayaan Pelanggan.

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: DIS/658.562/HAL/p/2014/061607190
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.5 Management of production
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Administrasi, Fakultas Ilmu Administrasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 May 2017 08:30
Last Modified: 13 Apr 2022 04:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160634
[thumbnail of Peter Halim.pdf] Text
Peter Halim.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item