Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha: Mediasi Perceived Desirability, Mediasi Perceived Feasibility Dan Moderasi Model Peran Studi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen S1 Ptn Di Jawa

Efrata, TommyChristian (2016) Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha: Mediasi Perceived Desirability, Mediasi Perceived Feasibility Dan Moderasi Model Peran Studi Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen S1 Ptn Di Jawa. Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Pada model penelitian juga dikaji pengaruh moderasi model peran serta pengaruh mediasi perceived desirability dan perceived feasibility. Desain penelitian dilakukan dengan pendekatan eksplanatori. Pengumpulan data digunakan dengan metode survei. Teknik pengambilan sampel adalah probability sampling dengan subyek penelitian adalah 209 mahasiswa pada empat perguruan tinggi negeri yang ada di Jawa Timur yang memiliki visi dan misi untuk menghasilkan lulusan sebagai wirausahawan. Metode analisis data dalam pengujian hipotesis adalah Generalized Structured Component Analysis (GSCA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan tidak secara langsung berpengaruh pada minat berwirausaha. Penelitian ini membuktikan adanya pengaruh mediasi perceived desirability dan perceived feasibility pada hubungan antara pendidikan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha. Selanjutnya model peran terbukti memiliki pengaruh moderasi pada hubungan antara pendidikan kewirausahaan terhadap perceived desirability serta hubungan antara pendidikan kewirausahaan terhadap perceived feasibility. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberadaan model peran justru memperlemah pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap perceived desirability dan perceived feasibility. Model penelitian ini mengintegrasikan konsep minat berwirausaha yang diturunkan dari theory of planned behavior serta konsep model peran yang diturunkan dari social learning theory. Penelitian ini memiliki keterbatasan dalam pengukuran pendidikan kewirausahaan serta subyek penelitian yang masih terbatas pada wilayah di Jawa Timur. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan kurikulum pendidikan kewirausahaan di perguruan tinggi agar tercipta lebih banyak wirausahawan di Indonesia.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DIS/658.421/EFR/p/2016/061606140
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Doktor Kimia, Fakultas MIPA
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 22 Dec 2016 11:49
Last Modified: 22 Dec 2016 11:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160632
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item