Peran Kepemimpinan Wirausaha Kiai Abdul Ghofur Dalam Mengembangkan Semangat Keirausahaan (Studi Etnografi di Pesantren Sunan Drajat Lamongan, Jawa Timur).

Ahsan, Muhamad (2015) Peran Kepemimpinan Wirausaha Kiai Abdul Ghofur Dalam Mengembangkan Semangat Keirausahaan (Studi Etnografi di Pesantren Sunan Drajat Lamongan, Jawa Timur). Doctor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap makna peran kepemimpinan wirausahaan (entrepreneurial leadership) Kiai Abdul Ghofur dalam mengembang kan semangat kewirausahaan di Pondok Pesantren Sunan Drajat (PPSD) dan sekitarnya. Peran yang dieksplorasi dalam penelitian ini adalah peran kepemimpinan, karakter kewirausahaan dan strategi yang digunakan dalam mengembangkan semangat kewirausahaan di Pondok Pesantren Sunan Drajat Lamongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma interpretif dan desain etnografi. Informan yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 58 informan yang diperoleh dengan cara purposive dan snowballing. Data dikumpulkan melalui cara partisipasi observasi dan wawancara mendalam, dianalisis dengan pendekatan etnografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Peran kepemimpinan wirausaha Kiai Abdul Ghofur telah berkontribusi dalam proses pengembangan kewirausahaan di PPSD. Kiai Abdul Ghofur telah mengubah pandangan tentang arti penting kemandirian bagi individu, lembaga dan masyarakat untuk mencapai kejayaan di dunia dan akhirat. 2) Karakter-karakter yang melekat dalam diri Kiai Abdul Ghofur merupakan bentukan dari latar belakang kehidupan untuk mewujudkan idealisme, meneruskan cita-cita ‘pendahulu’ sebagai nafas perjuangan individu dan kelembagaan. Karakter-karakter tersebut telah berkontribusi dalam pengembangan dan penyebaran spirit kewirausahaan di pondok pesantren dan sekitarnya. 3) Nasihat, teladan dan tindakan merupakan cara (strategi) terbaik dalam menyebarkan sebuah keyakinan akan pentingnya kemandirian bagi individu, lembaga, masyarakat dan bahkan sebuah bangsa. Pola pengembangan dan penyebaran semangat kewirausahaan yang dilakukan Kiai Abdul Ghofur dilakukan dengan 2 cara. Pertama, secara internal dengan melibatkan keluarga sebagai pengontrol unit-unit bisnis yang ada dengan tetap memberikan kesempatan magang pada santri yang memiliki kompetensi. Kedua, secara eksternal melalui ‘santri luar’ dan jaringan alumni dengan cara memberi motivasi dan bermitra. Peran kepemimpinan wirausaha dalam pengembangan dan penyebaran semangat kewirausahan tersebut, diilhami oleh kombinasi dari kearifan lokal filosofi Sunan Drajat dan Sunan Kalijogo serta Quran surat at-Taubah ayat 128.

Item Type: Thesis (Doctor)
Identification Number: DIS/658.421/AHS/p/2015/061612153
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 19 Apr 2017 09:50
Last Modified: 19 Apr 2017 09:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/160631
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item